Menengok Keramaian di Facebook Sepanjang 2020

Kompas.com - 11/12/2020, 19:34 WIB
ilustrasi Facebook Bloombergilustrasi Facebook

KOMPAS.com - Memasuki penghujung akhir tahun 2020, Facebook merekap kaleidoskop selama satu tahun terakhir. Facebook telah merangkum peristiwa-peristiwa penting yang banyak dibicarakan di platformnya.

"2020 menjadi tahun yang berbeda bagi kita semua. Kami antusias menyambut tahun 2021 dan melihat momen penting apa saja yang sudah dilakukan banyak orang lewat platform kami sehingga membuat tahun ini menjadi lebih berkesan," kata Facebook.

Setidaknya ada enam tema yang mengelompokkan peristiwa penting dunia di tahun 2020 dan diklasifikasi menjadi beberapa momen.

1. Ikon publik

Pertama adalah ikon publik (Icons). Kategori ini merupakan bentuk antusias pengguna Facebook dalam memperingati momentum perayaan maupun mengenang kepergian tokoh-tokoh penting di dunia.

Baca juga: Facebook Diminta Jual Instagram dan WhatsApp

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

- Ada dua peristiwa penting di momen ini, yaitu kabar meninggalnya mantan pemain NBA, Kobe Bryant pada 27 Januari dan kepergian Hakim Agung Amerika Serikat yang juga seorang pejuang hak-hak perempuan, Ruth Bader Ginsburg pada September lalu.

- Kepergian Kobe Bryant turut mengundang kesedihan pengguna Facebook khususnya yang berada di wilayah Amerika Serikat (AS), Meksiko, dan Filipina.

- Sementara, tagar #restinpower membanjiri Timeline Facebook dan Instagram dalam satu hari meninggalnya Ruth Bader Ginsburg pada 19 September lalu.

2. Social Awakening

Social Awakening merupakan rangkuman peristiwa dari komunitas global yang mengangkat isu-isu penting yang tengah ramai dibicarakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X