Karyawan Google WFH hingga September 2021, Bakal Pakai Pola Baru

Kompas.com - 16/12/2020, 07:01 WIB
Ilustrasi: logo Google pada bagian depan kantor Google di kawasan Mountain View, California, Amerika Serikat. Yudha Pratomo/KompasTeknoIlustrasi: logo Google pada bagian depan kantor Google di kawasan Mountain View, California, Amerika Serikat.

KOMPAS.com - CEO Google, Sundar Pichai mengumumkan kepada karyawannya untuk melanjutkan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) hingga September 2021 mendatang.

Pengumuman itu disampaikan Pichai lewat e-mail internal perusahaan kepada seluruh karyawan.

"Apabila posisi Anda memungkinkan Anda bekerja dari rumah hingga Juli 2021, Anda bisa melanjutkannya hingga awal September 2021," tulis Pichai.

Dalam memo yang sama, Pichai juga mengumumkan uji coba model kerja hybrid pada September, yang mengombinasikan bekerja di kantor dan di luar kantor. Hal ini dilakukan karena banyak karyawan yang ingin kembali kerja dari kantor tapi tidak penuh waktu.

Baca juga: 5 Momen Tumbangnya Layanan Google Sepanjang 2020

Salah satunya mengadakan "collaboration days", di mana para karyawan berkumpul di kantor dalam satu hari. Sisa hari kerja lainnya bisa digunakan untuk fokus bekerja, baik di kantor maupun di rumah.

Pola baru 3-2

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pichai juga menawarkan karyawan yang masuk Level 2 dalam kurva penilaian risiko, untuk bekerja dengan pola 3-2 dalam sepekan.

"Minimal tiga hari bekerja di kantor dan dua hari sisanya di rumah (atau tempat lain yang menurutmu terbaik)," tulis Pichai.

Beberapa karyawan Google kabarnya juga ingin bekerja secara fleksibel, seperti perusahaan Sillicon Valley lainnya.

Twitter dan Facebook sebelumnya mengumumkan bahwa karyawannya bisa bekerja dari jarak jauh "selamanya", dan mengizinkan mereka untuk pindah ke daerah lain yang mereka mau. (Baca juga: Twitter Izinkan Karyawan Kerja dari Rumah Selamanya)

Namun lewat memo terbaru, Pichai mengisyaratkan bahwa Google punya aturan lebih ketat dibanding perusahaan lain.

Baca juga: Karyawan Apple WFH hingga Juni 2021, Begini Cara Mereka Kerja

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.