Perusahaan Jack Ma Bakal Dinasionalisasi China, Apa Artinya?

Kompas.com - 18/01/2021, 09:10 WIB
Kantor Alibaba. postandparcel.infoKantor Alibaba.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Pada tahun 1999, Jack Ma membangun sebuah perusahaan yang bernama Alibaba, yang kini disebut-sebut sebagai salah satu e-commerce terbesar di China.

Tak hanya e-commerce, Alibaba juga merambah ke bisnis lainnya, seperti internet (Alibaba Cloud), hiburan (AliMusic), pembayaran (Alipay), dan masih banyak lagi.

Langkah Alibaba yang melebarkan sayap ke berbagai layanan ini tampaknya tengah disorot oleh pemerintah China.

Mereka, melalui Partai Komunis China (CCP), bahkan dikabarkan berencana untuk melakukan investigasi atas dugaan praktik monopoli oleh Alibaba dan Ant Group, perusahaan yang menyediakan Alipay.

Namun, baru-baru ini beredar kabar bahwa penyelidikan ini sebenarnya bertujuan untuk mempercepat proses nasionalisasi atas Alibaba dan Ant Group. Lalu, apa sebenarnya arti dari nasionalisasi?

Mengambil alih perusahaan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), nasionalisasi adalah proses untuk mengambil alih sesuatu, biasanya perusahaan swasta, menjadi milik negara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Biasanya, proses nasionalisasi ini diikuti oleh kompensasi, di mana pemerintah bakal memberikan "ganti rugi" kepada para penanam modal atau pemilik saham di perusahaan yang bersangkutan.

Ensiklopedia online seputar investasi, Investopedia juga mengartikan nasionalisasi sebagai proses ambil alih perusahaan oleh pemerintah.

Investopedia menjelaskan bahwa nasionalisasi biasanya dilakukan oleh pemerintah untuk mengkonsolidasikan kekuasaan atau menolong perusahaan yang performa bisnisnya kurang baik.

Selain itu, sentimen terhadap kepemilikan perusahaan oleh investor asing juga disebut bisa menjadi faktor pendorong pemerintah melakukan nasionalisasi.

Meski demikian, disebutkan bahwa para pemegang saham biasanya hanya mendapatkan sedikit kompensasi, bahkan bisa tidak mendapatkannya sama sekali.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X