Cara Tepat Menyelamatkan Ponsel yang Tercebur Air

Kompas.com - 06/02/2021, 16:03 WIB
ilustrasi smartphone Samsung dan iPhone cnet.comilustrasi smartphone Samsung dan iPhone

KOMPAS.com - Saat ini smartphone menjadi perangkat penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari kita. Melalui ponsel, kita sudah bisa melakukan banyak hal, seperti mengambil foto, mencari informasi, bahkan hingga membayar tagihan.

Tak ayal, perangkat serba guna ini selalu dibawa ke mana pun kita pergi. Kadang kala, kecelakaan saat membawa ponsel pun datang di saat yang tak diduga-duga, misalnya ponsel tercebur ke dalam air.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk menyelamatkan ponsel yang tercebur air?

Kalian tidak perlu terlalu panik. Dirangkum KompasTekno dari Wired, Sabtu (6/2/2021), ada beberapa tips untuk menyelamatkan ponsel kalian.

1. Segera keluarkan ponsel dari air

Saat ponsel tercebur ke dalam air, baik itu di wastafel, toilet, atau bahkan kolam renang, sebagian besar orang akan merasa panik.

Namun, jangan terlalu lama tenggelam dalam rasa panik kalian. Hal pertama yang harus dilakukan untuk menyelamatkan ponsel kalian adalah dengan segera mengeluarkannya dari dalam air.

Perlu diingat, semakin lama ponsel berada di dalam air, kemungkinan kerusakannya juga akan semakin besar.

Baca juga: 5 Besar Penguasa Pasar Smartphone Global Kuartal IV-2020

2. Matikan daya

Setelah mengeluarkan ponsel dari air, biasanya kalian akan refleks mengecek apakah ponsel masih berfungsi atau tidak, dengan cara menekan tombol dan mengetuk berbagai aplikasi di ponsel.

Halaman:


Sumber Wired
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X