Ini Cara Mendapatkan Undangan untuk Membuat Akun di Aplikasi Clubhouse

Kompas.com - 17/02/2021, 11:05 WIB
ilustrasi aplikasi media sosial Clubhouse Global Timesilustrasi aplikasi media sosial Clubhouse
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Aplikasi Clubhouse kini sedang naik daun. Tak hanya di ranah internasional, Clubhouse belakangan mulai populer di kalangan pengguna di Indonesia.

Clubhouse sendiri merupakan jejaring sosial berbasis audio yang untuk sekarang baru tersedia di platform iOS.

Lewat Cluibhouse, pengguna bisa melakukan streaming audio, panggilan telepon, hingga membuat acara dengan topik khusus yang dikemas dalam bentuk podcast.

Salah satu keunikan dari aplikasi ini yaitu pengguna tidak bisa langsung membuat akun Clubhouse begitu saja. Pengguna Clubhouse harus mendapatkan undangan terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan aplikasi ini.

Baca juga: Apa Itu Clubhouse, Medsos Baru yang Dipopulerkan Elon Musk

Undangan tersebut bisa diperoleh dari pengguna Clubhouse yang sudah mendaftar. Anda bisa meminta undangan dari teman atau kerabat yang sudah lebih dulu menggunakan aplikasi Clubhouse.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nantinya, mereka akan mengirim undangan berupa kode akses aplikasi untuk bisa membuat akun baru. Tiap pengguna baru juga akan mendapat hak untuk mengundang dua orang lain. Jumlahnya akan ditambah seiring dengan meningkatnya pemakaian.

Pengundang harus memiliki nomor telepon orang yang akan diundang, untuk dikirimi pesan berisi tautan ke situs Clubhouse. Di sini, calon pengguna bisa membuat akun dengan nomor telepon tadi.

Screenshot Invitation ClubhouseHeadlinesmania.com Screenshot Invitation Clubhouse

Setelah akun dibuat, pengguna bisa memilih topik obrolan favorit mereka. Pengguna juga diberikan opsi untuk bergabung ke dalam sesi diskusi online yang sedang berlangsung, layaknya webinar di Zoom atau aplikasi video conference lainnya.

Bedanya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Headlinesmania, Rabu (17/2/2021), yang ditampilkan bukanlah berupa video, melainkan hanya suara dari partisipan yang ada di dalamnya.

Dalam sesi perbincangan, hanya moderator dan bintang tamu yang bisa berbicara di forum diskusi tersebut. Sementara, partisipan yang bergabung hanya berperan sebagai pendengar.

Baca juga: Zuckerberg Bikin Kejutan, Muncul Tiba-tiba di Medsos Clubhouse

Partisipan sebetulnya bisa ikut berbicara, namun mereka harus memperoleh izin terlebih dahulu oleh moderator yang bersangkutan.

Setiap mendengarkan sesi obrolan, pengguna akan menjumpai banyak orang yang muncul dan bisa langsung ditambahkan sebagai teman. Semakin banyak topik dan orang yang diikuti, semakin sering pula muncul rekomendasi acara yang sesuai dengan preferensi.

Ketika sesi perbincangan selesai, nantinya ruang obrolan akan diselesaikan oleh moderator dan ditutup secara otomatis. Namun, pengguna Clubhouse tidak bisa menyimpan maupun merekam sesi percakapan yang sudah berlangsung.

Clubhouse bisa diunduh oleh pengguna iOS di toko aplikasi App Store lewat tautan berikut. Versi Android sedang dikembangkan, tapi jadwal rilisnya masih belum diungkap.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.