Rekaman Penerbangan Ungkap Aktivitas Jack Ma Selama Menghilang

Kompas.com - 16/03/2021, 07:35 WIB
Foto tertanggal 15 Mei 2019 menampilkan salah satu pendiri Alibaba, Jack Ma, menghadiri acara Tech for Good di Paris, Perancis. AP PHOTO/THIBAULT CAMUSFoto tertanggal 15 Mei 2019 menampilkan salah satu pendiri Alibaba, Jack Ma, menghadiri acara Tech for Good di Paris, Perancis.

KOMPAS.com - Pendiri Alibaba Jack Ma masih menghilang dari publik setelah mengkritik pemerintah China pada Oktober 2020. Dia sempat muncul dalam sebuah telekonferensi pada Januari lalu, tapi tak banyak yang diketahui soal keberadaannya.

Belakangan, rekaman catatan penerbangan dari Radarbox memperlihatkan bahwa Ma ternyata masih menggunakan pesawat jet Gulfstream pribadinya dan bepergian ke beberapa tempat selama menghilang.

Kendari demikian, frekuensi perjalanannya berkurang drastis. Pada Agustus hingga Oktober 2020, frekuensi penerbangan Ma rata-rata tiga hari sekali. Mulai November 2020 hingga Februari 2021, dia hanya terbang seminggu sekali.

Baca juga: Jack Ma Akhirnya Muncul Kembali, Setelah Menghilang 3 Bulan

Satu hari usai pidato kontroversial di Shanghai pada akhir Oktober 2020, Ma langsung terbang menggunakan jet pribadinya ke pusat pemerintahan China di Beijing dan bermalam di sana selama empat hari.

Pada 1 November 2020, Ma kemudian kembali pergi ke Beijing selama dua minggu usai mengunjungi kediamannya di Hangzhou. Pemerintah China kemudian mengeluarkan regulasi baru yang membuat IPO Ant Group -perusahaan fintech milik Ma- dibatalkan.

Aktivitas Ma kembali terlacak pada hari Natal, setelah regulator keuangan China secara terbuka memanggil Ant Group untuk melakukan diskusi kedua terkait peraturan "pengawasan keuangan, persaingan yang sehat, dan perlindungan konsumen".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada akhir Januari 2021, jet pribadi Ma terlihat kembali bertengger di bandara Beijing saat Ant Group dan regulator China menyusun rencana restrukturisasi yang telah disetujui secara privat.

Kemudian, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Financial Times, Selasa (16/3/2021). pada Februari 2021, Jack Ma sempat terlihat bermain golf di sebuah resor yang terletak di kota Hainan.

Baca juga: Drama Jack Ma, Kritik Pemerintah, Diisukan Tewas, hingga Muncul di Video 50 Detik

Aktivitas bepergian dengan pesawat yang dilakukan Ma selama menghilang kontras dengan aktivitas pria berusia 56 tahun ini sebelumnya, saat dia sering berkeliling China untuk menerima penghargaan dan bersosialisasi dengan pejabat setempat.

Pada akhir Agustus 2020 lalu, Ma sempat terbang ke Beijing untuk menerima penghargaan dari pemerintah Yordania atas bantuannya memerangi Covid-19. beberapa hari kemudian, Ma  mengudara ke Kunming, di mana ia membuka kampus baru untuk sekolah bisnisnya.

Kemudian, pesawat Ma juga terekam berada di Dali, sebelum dia kembali ke Hangzhou untuk berpidato saat pembukaan tahun ajaran baru sekolah.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.