Cara Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Diketahui

Kompas.com - 13/04/2021, 21:05 WIB
Ilustrasi WhatsApp. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi WhatsApp.

KOMPAS.com - Tergabung dalam sebuah grup WhatsApp (WA) memang memudahkan komunikasi, terutama informasi yang harus disampaikan ke banyak orang dalam satu waktu.

Namun, terkadang isi percakapan grup tidak terarah atau sudah keluar dari fungsi utamanya. Tak sedikit yang merasa kurang nyaman berada di dalam grup WA tersebut, tapi sungkan untuk keluar dari grup WA karena berbagai alasan.

Ujung-ujungnya, mereka akan membisukan (mute) grup tersebut dengan memilih opsi "selalu" alias selamanya.

WhatsApp memang belum memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya keluar dari grup WA tanpa diketahui. Sebab, apabila salah satu anggota hengkang, grup akan memunculkan notifikasi siapa yang meninggalkan grup.

Baca juga: Di India, Admin Grup WhatsApp Bisa Dibui jika Anggota Kirim Gambar Porno

Namun, ada trik yang bisa digunakan jika kamu memang ingin keluar dari grup WhatsApp diam-diam. Perlu diperhatikan trik ini cukup rumit. Sebaiknya cari waktu senggang dan di saat tidak sedang berkomunikasi intens via WhatsApp.

Cara keluar dari grup WhatsApp (WA) tanpa diketahui

Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk bisa keluar dari grup WhatsApp (WA) tanpa diketahui atau diam-diam adalah dengan mengganti nomor WA yang digunakan.

Kamu bisa menyiapkan satu nomor cadangan untuk dipasang sementara, lalu menggantinya ke nomor lama setelah proses keluar dari grup WhatsApp diam-diam selesai dilakukan.

Namun untuk mengantisipasi, cadangkan dulu semua data percakapan ke penyimpanan awan (cloud) seperti Google Drive atau iCloud.

Selanjutnya, untuk mengubah nomor WhatsApp, buka menu setting (pengaturan) > (account) akun > (change number) ganti nomor.

Baca juga: 5 Cara agar WhatsApp Tak Rakus Ruang Penyimpanan

Cara ubah nomor WhatsAppKompas.com/Wahyunanda Kusuma Cara ubah nomor WhatsApp
Masukan nomor lama dan nomor baru (nomor sementara). Anggota grup tetap akan menerima notifikasi bahwa akun tersebut telah mengganti nomor tanpa memunculkan nomor barunya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X