Kompas.com - 17/04/2021, 03:21 WIB

KOMPAS.com - Ada banyak aplikasi azan di hp (ponsel) Android di Google Play Store yang bisa dipakai sebagai alarm untuk mengingatkan kita agar tetap melaksanakan ibadah shalat tepat waktu.

Sebut saja seperti Umma, Muslim Pro, Athan, Salatuk, dan lain sebagainya. Namun, berbagai aplikasi azan tersebut terbilang cukup memakan memori (RAM) dan media penyimpanan (storage).

Sehingga ponsel Android yang kapasitas RAM atau storage-nya minim mungkin tidak bisa menggunakan aplikasi ini dengan lancar. Bahkan, tak jarang aplikasi azan tersebut tidak berfungsi dengan baik, apabila RAM ponsel penuh.

 Baca juga: Daftar Aplikasi Pengingat Shalat untuk Android dan iPhone

Nah, KompasTekno merangkum lima aplikasi alarm bernada azan yang bisa dipakai di berbagai smartphone Android.

Uniknya, seluruh aplikasi ini berukuran kurang dari 10 MB. Artinya, ponsel dengan RAM 1 GB atau memori internal yang hampir penuh kemungkinan akan bisa menjalankan berbagai aplikasi tersebut dengan lancar. 

Perlu dicatat, pastikan Anda hanya memasang salah satu aplikasi alarm azan ini di ponsel Android Anda. Sebab, apabila Anda memasang semuanya, maka sistem notifikasi akan bentrok dan ponsel akan bingung alarm azan mana yang akan dibunyikan.

Lantas, apa saja daftar aplikasinya dan bagaimana cara memasang alarm azan melalui beragam aplikasi tersebut ini?

1. Usholli - 2,6 MB

Ilustrasi aplikasi Usholli.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi aplikasi Usholli.

Usholli merupakan aplikasi pengingat shalat besutan Mr. Habibi. Untuk memasang alarm azan, Anda cukup memasang aplikasi ini di smartphone masing-masing.

Anda juga bisa mematikan notifikasi azan, atau memasang pengingat sebelum adzan dengan meng-klik waktu azan mana yang akan diubah pengaturannya.

Baca juga: Aplikasi Jadwal Shalat dan Buka Puasa Ramadhan 2021 untuk Android dan iPhone

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.