Apa Itu Bank Digital yang Kian Marak di Indonesia

Kompas.com - 21/04/2021, 09:15 WIB
Ilustrasi Bank Digital ShutterstockIlustrasi Bank Digital

KOMPAS.com - Beberapa tahun belakangan, bank digital mulai bermunculan di Indonesia. Jenius yang diperkenalkan Bank BTPN tahun 2016 lalu menjadi salah satu yang paling populer.

Dari tahun ke tahun, beberapa bank konvensional lain ikut menjajakan layanan perbankan digital, seperti Digibank (DBS), TMRW (UOB), D-Save (Danamon), dan Bang Jago (ARTO) yang dibekingi oleh Gojek.

Menjamurnya bank digital membuat banyak orang bertanya, apa sebenarnya bank digital itu?

Beda dengan perbankan digital

Ketika membicarakan cakupan bank digital, ada beberapa kategori yang masuk dalam satu payung pembahasan.

Pertama adalah bank digital yang menawarkan produk dan layanan perbankan tradisional secara online.

Kedua adalah teknologi finansial (fintech) atau dikenal juga sebagai "neobank", yang menawarkan layanan keuangan lebih inovatif bagi para nasabah, khususnya mereka yang lebih melek teknologi.

Perlu dipahami bahwa definisi bank digital dan perbankan digital adalah dua hal yang agak berbeda meskipun tetap berkaitan.

Baca juga: Grab dan Induk Shopee Kantongi Izin Bikin Bank Digital di Singapura

Melansir Forbes, perbankan digital secara umum didefinisikan sebagai transformasi layanan perbankan dari cara tradisional menjadi daring atau online.

Perbankan digital menggabungkan layanan perbankan online dan mobile banking dalam satu wadah. Perbankan online merujuk pada segala fitur untuk mengakses layanan perbankan melalui situs web bank yang bersangkutan.

Nasabah bisa melakukan log in akun ke dalam situs web tersebut untuk mengecek saldo, membayar tagihan, mengajukan pinjaman atau kartu kredit, dan layanan perbankan tradisional lainnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X