Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S21 FE Jadi Meluncur atau Tidak, Samsung?

Kompas.com - 15/06/2021, 18:33 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selentingan rumor menyebut bahwa Samsung menyetop produksi Galaxy S21 FE (Fans Edition), karena terkendala masalah kelangkaan chipset. Namun, kabar itu buru-buru dibantah oleh vendor ponsel Korea Selatan itu.

Samsung mengatakan belum membuat keputusan untuk menghentikan produski Galaxy S21 FE, seperti isu yang beredar belakangan.

"Dikarenakan kami tidak bisa membicarakan produk yang belum dirilis, belum ada keputusan apa pun terkait dugaan penghentian produksi," jelas perwakilan Samsung, dirangkum KompasTekno dari Bloomberg, Selasa (15/6/2021).

Baca juga: Bocoran Spesifikasi, Harga, Berikut Tampang Samsung Galaxy S21 FE

Namun, Samsung juga tidak mengatakan secara tegas bahwa produksi masih berlanjut.

Rumor soal penghentian produksi pertama kali diwartakan ETNews. Dalam berita itu disebutkan bahwa keberlangsungan produksi Galaxy S21 FE bergantung pada kondisi kelangkaan chipset yang masih terjadi saat ini.

Laporan itu juga menyebut bahwa chipset Qualcomm yang sudah disiapkan, dialihkan untuk disematkan ke ponsel lipat yang juga dijadwalkan akan dirilis tahun ini.

Namun, melansir dari Gizmo China, artikel awal soal penghentian produksi Galaxy S21 FE oleh ET News tersebut kini telah dihapus.

Baca juga: Bisnis Semikonduktor Raup Untung di Tengah Kelangkaan Chip

Bocoran spesifikasi Galaxy S21 FE

Samsung Galaxy S21 FE merupakan model lebih "murah" dari Galaxy S21. Dari beberapa bocoran yang beredar, secara keseluruhan spesifikasi Galaxy S21 FE nanti akan hampir mirip dengan Galaxy S21 reguler. Seperti bodi yang berbalut kaca dan bingkai berbahan logam.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 3, Z Flip 3, dan S21 FE Meluncur Berbarengan?

Diagonal layarnya 6,5 inci dengan dukungan refresh rate 120 Hz. Ada tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 12 megapiksel (MP), super wide angle 12 MP, dan telefoto 8 MP.

Untuk keperluan selfie, akan tersemat sensor 32 MP di sisi depan. Sementara baterainya kabarnya akan berkapasitas 4.500 mAh yang didukung pengisi daya cepat.

Galaxy S21 FE kabarnya akan ditenagai chip Snadpdragon 870. Sebelumnya beredar kabar bahwa Galaxy S21 FE akan dirilis bebarengan dengan duo ponsel lipat, Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 sekitar bulan Agustus mendatang.

Namun semua itu, baru bersifat rumor. Belum ada konfirmasi resmi dari Samsung kapan perangkat-perangkat itu akan dirilis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com