Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Logo Baru Telkomsel Meluncur, Ini Maknanya

Kompas.com - 18/06/2021, 19:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah 26 tahun hadir di Indonesia, operator seluler Telkomsel akhirnya mengubah logo perusahaan untuk pertama kalinya.

Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam mengungkapkan, logo baru ini menandai babak baru Telkomsel dalam melayani bangsa dan masyarakat Indonesia.

"Hari ini kami memperkenalkan semangat yang dibarengi dengan pembaharuan identitas Telkomsel yang baru. Yang akan memperkuat kehadiran Telkomsel sebagai simbol perubahan bagi kemajuan bangsa," ungkap Hendri dalam acara online, Jumat (18/6/2021).

Hendri mengatakan, perubahan logo ini bukan hanya sebatas perombakan wajah Telkomsel saja.

"Namun menjadi cara kami membawa simbol perubahan dengan memaknai transformasi digital yang lebih dalam, melalui nilai-nilai baru," pungka Hendri.

Baca juga: Telkomsel Rilis Theme Song Baru Ciptaan Yovie Widianto

Makna logo baru Telkomsel

Sementara Director of Marketing Telkomsel, Rachel Goh menjelaskan logo baru Telkomsel ini dipersiapkan dalam kurun waktu sekitar dua tahun. Dan secara umum terinspirasi dari salah satu warisan budaya Indonesia, yaitu Batik.

Menurut Rachel, setiap lekukan dan titik pada batik itu mewakili sesuatu. Inilah yang membuat batik unik, dan menjadi ikon nasional Indonesia hingga saat ini.

"Karena itulah, kami ingin memastikan warisan ini menjadi bagian dari merek Telkomsel yang baru. Itu akan mengingatkan kita setiap saat, siapa yang kita perjuangkan, dan siapa diri kita sebenarnya," jelas Rachel di acara yang sama.

Logo baru TelkomselInstagram Telkomsel Logo baru Telkomsel

Maka dari itu, kata Rachel, logo baru Telkomsel ini menggunakan jenis font baru, yang diberi nama Telkomsel Batik. Font ini dibuat khusus oleh anak bangsa, yaitu Deni Anggara dari Degarism Studio Bandung.

Selain itu, Telkomsel turut menyematkan sebuah "portal" dengan guratan yang juga terinspirasi dari batik. Portal ini memiliki makna, bersama Telkomsel, pelanggan bisa memasuki dunia baru dan mengeksplor hal-hal baru.

"Portal itu juga terlihat dikelilingi oleh sinar, sinar itu adalah optimisme," papar Rachel.

Penulisan dan warna baru

Selain mengubah tipografi logo, Telkomsel juga mengubah cara penulisan mereknya, yang semula menggunakan huruf kapital, kini huruf kapital hanya digunakan pada awal merek saja. Sedangkan sisanya ditulis dalam huruf kecil.

Baca juga: Ponsel Sudah Dukung 5G Telkomsel, Kenapa Belum Bisa Digunakan?

Director of Marketing Telkomsel, Rachel Goh menjelaskan logo baru Telkomsel.Dok Telkomsel Director of Marketing Telkomsel, Rachel Goh menjelaskan logo baru Telkomsel.
"Perubahan cara penulisan ini merepresentasikan bahwa kami menundukkan diri kami agar lebih dekat, lebih bersahabat, dan lebih dapat disambut oleh pelanggan kami," kata Rachel.

Dari segi warna, Telkomsel masih mengusung warna merah dan putih sebagai warna dasar pada logo baru. Rachel mengatakan, dua warna ini mewakili keberanian, kekuatan, kemurnian, dan kejujuran.

Selain merah-putih, Telkomsel juga turut menyematkan aksen warna kuning yang disebut melambangkan optimisme dan rasa senang.

Rachel juga mengatakan, perusahaan akan membawa tone warna-warna baru termasuk biru tua yang melambangkan integritas dan kepercayaan.

Logo baru dan tone warna baru ini ke depannya akan mulai dilihat pelanggan dalam materi branding perusahaan, baik di aplikasi, billboard, website, dan sebagainya.

Selain mengenalkan logo baru, dalam acara yang sama,Telkomsel juga mengenalkan lagu tema baru perusahaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com