Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vivo V21 Meluncur di Indonesia 22 Juni, Ini Spesifikasinya

Kompas.com - 18/06/2021, 19:52 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah meluncurkan Vivo V21 5G pada Mei lalu, Vivo kini bersiap merilis varian 4G dari V21 di pasar Indonesia. Spesifikasi Vivo V21 tidak jauh berbeda dengan versi 5G.

Yang membedakan selain dukungan jaringan, juga bobot perangkat. Vivo V21 memiliki berat 171 gram, lebih ringan dibanding Vivo V21 5G yang memiliki berat 176 gram.

Layarnya sama-sama berpanel AMOLED dengan bentang 6,44 inci dan resolusi layar full HD Plus (1.080 x 2.400). Desain layarnya pun sama-sama berhias lubang kamera mungil serupa tetes air (waterdrop).

Baca juga: Membuka Kemasan dan Menjajal Vivo V21 5G

Lubang tersebut menampung kamera depan beresolusi 44 megapiksel (MP) dengan bukaan lensa f/2.0. Resolusi ini sama seperti di Vivo V21 5G. Hal itu bukan tanpa alasan.

Product Manager Vivo Indonesia, Ricky Bunardi mengatakan Vivo masih tetap mempertahankan ciri khas seri V yang dikenal mumpuni untuk menghasilkan foto selfie berkualitas tinggi.

"Vivo V series selalu terkenal dengan kamera depannya, kami menjelajahi teknologi terdepan dan terkini yang ada di industri untuk membantu pengguna mengabadikan diri kapan pun mereka mau," jelas Ricky di acara pra-peluncuran Vivo V21 yang disiarkan secara virtual, Jumat (18/6/2021).

Tidak hanya resolusi tinggi, kamera depan Vivo V21 juga dibekali beberapa fitur unggulan. Seperti teknologi Eye Autofocus yang bisa mengunci fokus mata meski obyek bergerak.

Ada pula fitur lain seperti Super Night Selfie, Steadiface Selfie Video, Slo-Mo Selfie Video, Selfie Softlight Band, Dual-view video, 4K selfie video, dan multi-style portrait.

Baca juga: 3 Ponsel Vivo yang Bisa Terhubung Jaringan 5G Telkomsel

Sementara di belakang, terdapat tiga kamera yang terdiri dari kamera utama 64 MP (f/1.89), wide 8 MP dengan bidang pandang 120 derajat, dan kamera makro 2 MP.

Tidak kalah dengan kamera depan, kamera belakang Vivo V21 juga memiliki banyak fitur.
Seperti Super Night Mode, Stylish Filters, Motion Autofocus yang bisa mengunci obyek meski bergerak, Smart Zoom, Art Portrait Video, dan Ultra Stable Video.

Satu lagi yang agak berbeda adalah dari sisi dapur pacu. Vivo V21 ditenagai chipset Snapdragon 720G yang dipadu dengan kapasitas memori RAM 8 GB dan dua opsi memori internal, 128 GB dan 256 GB.

Vivo menambahkan fitur baru yang memungkinkan pengguna menambah kapasitas RAM maksimal 3 GB. Seperti yang hadir di Vivo V21 5G, fitur bernama Extended RAM akan mengambil kapasitas memori internal untuk ditambahkan ke virtual RAM.

Baca juga: Vivo X60 dan X60 Pro Punya Fitur Pinjam Memori

Product Manager Vivo Indonesia, Ricky Bunardi di acara perkenalan Vivo V21 4G untuk media, Jumat (18/6/2021).Dok. Vivo Indonesia Product Manager Vivo Indonesia, Ricky Bunardi di acara perkenalan Vivo V21 4G untuk media, Jumat (18/6/2021).
Sehingga jika ditambahkan total kapasitas RAM menjadi 11 GB (8+3 GB Extended RAM). Ricky mengklaim dengan kapasitas RAM yang diperluas, kinerja perangkat akan meningkat.

"Aplikasi yang kita buka secara bersamaan bisa lebih banyak dan lebih cepat tanpa harus khawatir apakah ROM akan rusak karena sering dipakai untuk pindah ke RAM," jelas Ricky.

Vivo V21 dibekali baterai berkapasitas 4.000 mAh yang mendukung pengisian daya cepat dengan daya 33 watt. Ponsel ini juga dibekali fitur NFC yang tidak hanya berfungsi sebagai medium transfer data, dan membantu mengecek saldo uang elektronik.

Fitur NFC di Vivo V21 juga bisa digunakan sebagai pengganti kartu akses. Ponsel ini menjalankan sistem operasi Android 11 yang dilapisi antarmuka FuntouchOS 11.1.

Vivo V21 turut dibekali dengan asisten digital JOVI Home untuk mendukung berbagai aktivitas pengguna.

Belum diketahui berapa banderol harga Vivo V21 di Indonesia. Hal itu kemungkinan baru akan bisa diketahui saat acara peluncuran yang akan digelar pada 22 Juni mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com