Facebook Bawa Fitur Belanja ala Instagram ke WhatsApp

Kompas.com - 24/06/2021, 20:02 WIB
WhatsApp Shop yang kabarnya akan segera diluncurkan Facebook. WhatsAppWhatsApp Shop yang kabarnya akan segera diluncurkan Facebook.

KOMPAS.com - CEO Facebook, Mark Zuckerberg, mengatakan bahwa WhatsApp akan kedatangan fitur baru untuk berbelanja. Fitur bernama "Shops" tersebut sudah lebih dulu hadir di Instagram.

Menurut Zuckerberg, kehadiran fitur Shops di WhatsApp nantinya akan memudahkan penguna untuk bertanya lebih dulu dengan penjual sebelum mereka membeli produknya.

Belum diketahui persis, apa perbedaan WhatsApp Shop dengan WhatsApp Business yang sudah ada saat ini.

"Lebih dari 1 miliyar orang menggunakan Facebook Marketplace tiap bulan, jadi kami membuatnya lebih mudah untuk pebisnis membawa Shops dan Facebook Marketplace mereka ke lebih banyak orang," tulis Zuckerberg dalam unggahan Facebook-nya.

Sebagai gambaran, itur Shops yang ada di Instagram memungkinkan pengguna untuk memasang katalog produk yang mereka jual. Katalog tersebut dapat berisi informasi produk dan harga.

Selain itu, Shops di Instagram juga menyediakan tombol khusus agar pembeli bisa membeli produk yang dipajang melalui website resminya.

Fitur ini sejatinya mirip dengan WhatsApp Business yang juga memungkinkan calon pembeli melihat katalog produk dan menghubungi penjual langsung lewat chat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ini Lokasi Folder Penyimpanan Gambar dan Video WhatsApp di Ponsel

 

Zuckerberg mengatakan, fitur Shops di WhatsApp akan segera diluncurkan di beberapa negara. Namun, belum diketahui negara mana saja yang bakal kebagian.

Selain WhatsApp Shop, Facebook juga mengumumkan fitur lain yakni Shop Ads di Facebook Marketplace yang diklaim akan memberikan pengalaman belanja lebih personal. Fitur ini tidak lain akan menyodori pengguna iklan sesuai perilaku belanja mereka.

"Kami meluncurkan kemampuan bisnis untuk mengarahkan pembeli ke tempat yang kemungkinan besar mereka akan melakukan pembelian berdasarkan perilaku belanja," jelas Zuckerberg, dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Kamis (24/6/2021).

Fitur AR Dynamics Ads di Facebook Marketplace.Facebook Fitur AR Dynamics Ads di Facebook Marketplace.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X