10 Fakta Penggabungan Simpati, Kartu As, dan Loop Menjadi Telkomsel Prabayar

Kompas.com - 06/07/2021, 17:23 WIB
Logo baru Telkomsel Instagram TelkomselLogo baru Telkomsel

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Telkomsel mengumumkan perubahan logo yang diikuti dengan perubahan brand produk-produk andalannya.

Tiga layanan prabayar Telkomsel, yakni Simpati, Kartu As, dan Loop dilebur menjadi satu dengan nama baru Telkomsel Prabayar.

Sementara itu, produk pasca-bayar Kartu Halo, juga berganti nama menjadi Telkomsel Halo.
Pengumuman peleburan ini menimbulkan pertanyaan di kalangan pelanggan Simpati, Kartu As, dan Loop, terutama yang sudah lama menggunakan tiga produk tersebut.

Baca juga: Telkomsel Gabungkan Simpati, Kartu AS, dan Loop Jadi Telkomsel PraBayar

Mulai dari apa dampak peleburan terhadap layanan, apa saja paket yang ditawarkan, hingga bagaimana nasib mereka setelah peleburan.

Berikut KompasTekno rangkum beberapa hal yang perlu diketahui pelanggan Simpati, Kartu As, dan Loop setelah penggabungan produk menjadi Telkomsel Prabayar.

1. Alasan peleburan

Alasan mendasar peleburan ini adalah perilaku pelanggan Telkomsel yang bergeser. Menurut Tuty R Afriza, VP Prepaid Consumer Jawa dan Bali Nusra Telkomsel, pelanggan operator pelat merah ini sudah tidak lagi fokus terhadap brand.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Tuty, pelanggan sekarang sudah lebih pandai memilah paket sesuai kebutuhan mereka. Sementara itu, tujuan utama utama peleburan ini adalah penyederhanaan produk agar layanan yang ditawarkan, bisa lebih mudah dimengerti oleh pelanggan Telkomsel.

Tuty menjelaskan bahwa sebelumnya, diversifikasi produk prabayar dibedakan berdasarkan positioning atau target market.

Baca juga: Ini Sebab Telkomsel Gabungkan Simpati, Kartu AS, dan Loop

Ia mencontohkan seperti Simpati yang menyasar pelanggan berusia matang dan profesional, berbeda dengan target pasar Loop yang lebih menyasar anak muda, atau kartu AS untuk daerah-daerah.

Namun dalam implementasinya di pasar, tidak sedikit kalangan usia matang yang memilih menggunakan Loop atau sebaliknya. Apalagi, saat ini perilaku pelanggan sudah berubah seiring konsumsi layanan digital yang kian masif.

2. Kemasan dan logo baru

Seiring dengan peleburan produk, Telkomsel turut mengubah wajah kemasan produk. Kemasan starterpack atau kartu perdana Telkomsel Prabayar nantinya akan menggunakan logo baru Telkomsel.

Untuk produk Tekomsel Prabayar, kemasan akan didominasi warna merah dengan illustrasi portal dan logo Telkomsel. Sementara produk Telkomsel Halo akan didominasi warna putih.

Dua layanan Telkomsel PraBayar dan Telkomsel Halo.Telkomsel Dua layanan Telkomsel PraBayar dan Telkomsel Halo.

Mulai 18 Juni, Telkomsel akan mendistribusikan kartu perdana Telkomsel Prabayar secara berkala. Sementara produk kartu perdana Simpati, Kartu As, dan Loop dengan kemasan lama tidak akan ditarik dari peredaran.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X