Instagram Luncurkan Fitur untuk Pulihkan Akun yang Diretas

Kompas.com - 14/07/2021, 16:27 WIB
ilustrasi Instagram user businessinsider.comilustrasi Instagram user

KOMPAS.com - Saat akun media sosial dibajak, pengguna pasti akan panik dan mencari cara untuk mengamankan akunnya. Kabar baiknya, Instagram sekarang kedatangan fitur baru bernama "Security Checkup" atau pemeriksaan keamanan.

Instagram mengatakan, fitur baru ini bisa membantu pengguna Instagram mengamankan akun miliknya yang kemungkinan telah dibajak atau diretas.

"Hari ini, kami meluncurkan Security Checkup, fitur baru untuk membantu orang-orang menjaga keamanan akun Instagram mereka," tulis Instagram, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari blog resmi Instagram, Rabu (14/7/2021).

Dengan fitur ini, pengguna akan diminta mengikuti langkah-langkah yang tersedia, meliputi pemeriksaan aktivitas login akun, peninjauan ulang informasi progil, hingga meninjau informasi kontak untuk pemulihan akun.

Kehadiran fitur baru Security Checkup ini juga sudah disampaikan langsung oleh Instagram melalui Twitter dengan handle @InstagramComms.

Meski demikian, Instagram tidak menjabarkan secara rinci di mana fitur ini dapat ditemukan. Ada kemungkinan fitur ini akan muncul saat sebuah akun yang terindikasi telah diretas mencoba login kembali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Instagram juga tetap mengimbau seluruh penggunanya untuk melakukan beberapa langkah tambahan untuk menjaga akun pengguna lebih aman lagi.

Baca juga: Trik Sederhana untuk Melihat Instagram Stories Tanpa Ketahuan

Mengaktifkan TFA dan update nomor telepon

Instagram menyarankan, pengguna menambah lapisan perlindungan akun mereka dengan mengaktifkan otentikasi dua langkah (two-factor authentication/TFA).

"Jika Anda menggunakan WhatsApp, dalam beberapa minggu mendatang Anda akan dapat melindungi akun Anda menggunakan nomor WhatsApp Anda di negara tertentu," tulis Instagram.

Otentikasi dua langkah Instagram bakal bisa gunakan WhatsApp.Instagram Otentikasi dua langkah Instagram bakal bisa gunakan WhatsApp.
Atau, pengguna juga dapat mengaktifkan TFA menggunakan nomor telepon, hingga aplikasi otentikator seperti Duo Mobile atau Google Authentication.

Halaman:


Sumber Instagram
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X