Jeff Bezos Sukses Terbang ke Luar Angkasa Selama 11 Menit

Kompas.com - 21/07/2021, 08:02 WIB
Foto yang disediakan Blue Origin memperlihatkan pendiri Amazon Jeff Bezos keluar dari kapsul New Shepard setelah mendarat dengan mulus di gurun Texas Barat, pada Selasa 20 Juli 2021. BLUE ORIGIN via APFoto yang disediakan Blue Origin memperlihatkan pendiri Amazon Jeff Bezos keluar dari kapsul New Shepard setelah mendarat dengan mulus di gurun Texas Barat, pada Selasa 20 Juli 2021.

KOMPAS.com - Pendiri Amazon, Jeff Bezos, sukses melakukan wisata singkat ke luar angkasa bersama roket buatan Blue Origin, New Shepard. Bezos berhasil melakukan lawatan selama 11 menit.

Dalam perjalanan tersebut, orang terkaya di dunia itu ditemani oleh saudaranya, Mark Bezos, seorang wanita pionir balap ruang angkasa, Wally Funk, dan seorang mahasiswa bernama Oliver Daemen yang berusia 18 tahun.

Mereka menumpangi kapsul Blue Origin yang memiliki beberapa jendela besar untuk melihat pemandangan bumi dari luar angkasa.

Roket New Shepard lepas landas pada Kamis (20/7/2021) pukul 09:12 waktu setempat atau sekitar pukul 20.00 WIB. New Shepard meluncur dari lokasi peluncuran pribadi yang berasa di dekat Van Horn, Texas.

"Hari terbaik yang pernah ada. Harapan saya tinggi dan hal itu secara dramatis terlampaui," kata Jeff saat selamat mendarat di bumi setelah mengangkasa 10 menit dan 10 detik.

Baca juga: Tiket Wisata Luar Angkasa Bersama Bos Amazon Jeff Bezos Terjual Rp 398 Miliar

Dua menit setelah penerbangan, kapsul terpisah dari roketnya dan lanjut mengangkasa menuju Garis Karman, batas ruang angkasa yang paling dikenal, letaknya sejauh 100 km di atas permukaan Bumi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam sebuah video yang merekam suasana dalam roket New Shepard, tampak wajah-wajah sumringah dari para penumpang. Mereka terlihat jungkir-balik karena kecilnya tarikan gravitasi.

Sesekali, mereka tampak melongok ke jendela, melihat pemandangan Bumi dari luar angkasa. Bezos mengaku cukup terkejut dengan sensasi mikro-gravitasi yang dirasakannya untuk pertama kali.

"Rasanya sangat normal," aku Bezos.

Kegembiraan juga dilontarkan Wally Funk yang mengaku ingin mengulang pengalaman tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.