20 Game PC Buatan Indonesia Didiskon hingga 60 Persen, Ini Daftarnya

Kompas.com - 04/08/2021, 16:32 WIB
Ilustrasi poster Beli Game Lokal 2021. AGIIlustrasi poster Beli Game Lokal 2021.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Menyambut Hari Game Indonesia yang jatuh pada 8 Agustus mendatang, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) menggelar program "Beli Game Lokal".

Seperti namanya, program tersebut bertujuan mendorong para gamers untuk membeli game buatan para pengembang (developer) game asal Indonesia melalui pemangkasan harga sejumlah game PC.

Potongan harga yang ditawarkan bervariasi, mulai dari kisaran 30-an persen hingga lebih dari 60 persen.

Secara keseluruhan, ada 20 game lokal yang terdaftar dalam program ini, mulai dari DreadOut, Valthirian Arc: Hero School Story, Pulang Insanity: Director's Cut, Coffee TalkEscape From Naraka, dan lain sebagainya.

Baca juga: Game Escape from Naraka Buatan Indonesia Dirilis di Steam, Ada Diskon untuk Gamer RI

Game horor bikinan studio game asal Bandung, Digital Happiness, yakni DreadOut, misalnya, kini dijual dengan harga Rp 45.999, diskon Rp 63.000 atau 48 persen dari banderol aslinya yang dipatok Rp 108.999.

Lalu game terbaru buatan studio game asal Yogyakarta, Xelo Games, yaitu Escape From Naraka, kini bisa didapatkan dengan harga Rp 20.000, lebih murah dari harga spesial sebelumnya yang dikhususkan untuk pengguna Tanah Air dengan banderol Rp 45.000.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nantinya, seluruh game ini bakal berbentuk Steam Redeem Code yang bisa dibeli di sejumlah marketplace online yang beroperasi di Indonesia. Mekanisme pembelian sendiri menggunakan voucher diskon yang bisa dipakai di marketplace masing-masing.

Cara membeli game lokal yang sedang diskon di Tokopedia.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara membeli game lokal yang sedang diskon di Tokopedia.

Di Tokopedia, misalnya, pengguna bisa mengakses beragam game yang sedang didiskon tersebut di menu "Top Up & Tagihan" > "Voucher Games".

Lalu, mereka bisa memasukkan kode promo "GAMELOKAL" untuk mendapatkan potongan harga dari game Indonesia yang dipilih, lalu menyelesaikan proses transaksi dengan harga yang sudah dipangkas.

Baca juga: Daftar Game Baru yang Akan Dirilis Bulan Agustus 2021

Tidak disebutkan kapan program Beli Game Lokal ini akan berakhir. Yang jelas, voucher diskon di masing-masing marketplace tadi jumlahnya terbatas tiap harinya.

Dengan kata lain, pengguna bisa memilih platform penjualan lainnya apabila stok voucher diskon habis di marketplace yang mereka pilih, atau memilih menunggu di hari berikutnya. 

Adapun informasi marketplace yang berpartisipasi dan cara meng-klaim voucher diskon di masing-masing platform bisa disimak di tautan berikut ini.

Sebagai referensi sebelum membeli, simak daftar lengkap 20 game Indonesia yang sedang didiskon oleh Kemenparekraf dan AGI, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari AGI.or.id, Rabu (4/8/2021).



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.