Mengapa Samsung Galaxy A52s yang Diboyong ke Indonesia, Bukan A52 5G?

Kompas.com - 14/09/2021, 17:56 WIB
Samsung Galaxy A52s hadir dalam tiga varian warna, yaitu hitam, violet, dan mint. lazada.co.idSamsung Galaxy A52s hadir dalam tiga varian warna, yaitu hitam, violet, dan mint.

KOMPAS.com - Samsung resmi memboyong Galaxy A52s 5G ke pasar Indonesia. Sesuai namanya, ponsel yang dibanderol seharga Rp 6,5 juta ini sudah mendukung konektivitas 5G.

Sebenarnya, Samsung sudah merilis dua model Galaxy A52 pada Maret lalu, yaitu Galaxy A52 4G dan Galaxy A52 5G. Namun alih-alih memasarkan kedua model itu sekaligus, Samsung memilih untuk menjual Galaxy A52 versi 4G saja di Indonesia.

Berselang kurang lebih enam bulan, tepatnya hari ini, Selasa (14/9/2021), Samsung akhirnya meluncurkan model A52 versi 5G di Tanah Air, tetapi dengan nama Galaxy A52s 5G.

Embel-embel "s" yang disematkan pada Galaxy A52s 5G menandai ponsel ini adalah versi upgrade dari Galaxy A52 yang terdahulu.

Baca juga: Samsung Galaxy Wide 5 Meluncur dengan Chip Dimensity 700 RAM 6 GB

Lantas, apa alasan Samsung memilih menghadirkan Galaxy A52s 5G ketimbang Galaxy A52 di pasar Indonesia?

Product Marketing Manager, Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, Irfan Rinaldi mengungkapkan, saat peluncuran global Galaxy A52 4G dan versi 5G pada Maret lalu, pihak Samsung Indonesia belum melihat adanya kebutuhan untuk turut memboyong Galaxy A52 5G ke Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu alasan utamanya ialah karena infrastruktur jaringan 5G di Tanah Air yang dinilai belum siap.

"Tapi setelah itu, saat kami melihat telco operator sudah mulai pengujian 5G, sudah ada juga beberapa titik 5G yang bisa diakses konsumen, nah, kami merasa sudah saatnya untuk menghadirkan perangkat 5G," kata Irfan, dalam acara peluncuran virtual Galaxy A52s di Indonesia, Selasa siang.

Dari situ, Samsung mulai memboyong perangkat 5G ke Indonesia. Mulai dari Galaxy A32 5G, Galaxy A22 5G, dan yang paling baru adalah Galaxy A52s 5G.

Dari segi hardware, menurut Irfan, fitur 5G pada Galaxy A52s 5G sudah kompatibel dengan band (pita) jaringan yang digunakan oleh operator seluler (Telkomsel, Indosat, dan XL) dalam menggelar layanan 5G.

Baca juga: Dian Sastrowardoyo Ganti HP, Tak Lagi Pakai Samsung Galaxy Note

"Tapi saat ini, kami masih dalam proses penyelarasan antara software dan juga band yang digunakan oleh ketiga operator tersebut," kata Irfan.

"Jadi mungkin perlu ada waktu untuk kami menyempurnakan software update-nya. Nanti akan kami kabari lagi kapan fitur 5G pada A52s sudah bisa mulai aktif di masing-masing jaringan 5G milik operator," imbuh dia.

Selain konektivitas 5G, Galaxy A52s juga dibekali dengan peningkatan lain seperti chipset Snapdragon 778G yang diklaim lebih kencang, layar Super AMOLED yang mendukung refresh rate 120 Hz, serta fitur ekpansi RAM Plus hingga 4GB.

Namun, dari segi desain, Galaxy A52s masih serupa dengan model A52 yang dirilis lebih dulu. Misalnya, desain layar infinity-O seluas 6,5 inci serta konfigurasi empat kamera belakang yang sama persis.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.