Kapasitas Baterai iPhone 13 Terungkap

Kompas.com - 21/09/2021, 11:29 WIB
Varian warna iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max terdiri dari  graphite, gold, silver, serta sierra blue. AppleVarian warna iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max terdiri dari graphite, gold, silver, serta sierra blue.

KOMPAS.com - Selain RAM, Apple dikenal tak pernah mengumbar rincian informasi tentang kapasitas baterai di perangkat bikinannya, termasuk saat peluncuran iPhone 13.

Meski demikian, sebuah dokumen milik perusahaan pengelola limbah kimia Chemtrec,  beredar di dunia maya dan mengungkap berapa kapasitas baterai iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.

Berdasarkan dokumen tersebut, iPhone 13 Mini diklaim memiliki baterai dengan kapasitas 2.438 mAh. Jumlah tersebut meningkat 9 persen dibanding baterai iPhone 12 Mini.

Untuk model iPhone 13 lain, rinciannya adalah sebagai berikut:

  • iPhone 13: 3.240 mAh
  • iPhone 13 Pro: 3.125 mAh
  • iPhone 13 Pro Max: 4.373 mAh

Kapasitas daya baterai ketiga model iPhone 13 di atas masing-masing meningkat 15 persen, 11 persen, dan 18,5 persen dari generasi sebelumnya.

Baca juga: 4 Penyebab Baterai Ponsel Berkurang Meski Tak Digunakan

Apabila dilihat seksama, iPhone 13 Pro Max merupakan satu-satunya model iPhone 13 yang memiliki kapasitas baterai di atas 4.000 mAh, mirip dengan kapasitas baterai pada beragam ponsel Android masa kini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, iPhone 13 juga memiliki baterai lebih besar dibanding iPhone 13 Pro, meski model "Pro" dibekali layar mumpuni dengan refresh rate 120 Hz, yang kemungkinan besar lebih memakan daya dibanding layar 60 Hz pada model "reguler".

Terlepas dari hal tersebut, belum diketahui apakah informasi baterai ini akurat atau tidak. Sebab, Apple sendiri memang tidak mengumumkan informasi kapasitas daya baterai iPhone 13.

Yang jelas, Apple sendiri, dalam peluncuran virtual iPhone 13 beberapa waktu lalu, mengklaim baterai iPhone 13 Mini dan iPhone 13 Pro lebih awet 1,5 jam dibanding pendahulunya.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Cas Baterai Ponsel?

Sementara itu, iPhone 13 dan iPhone 13 Pro Max diklaim 2,5 jam lebih tahan lama dari generasi sebelumnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Mac, Selasa (21/9/2021).

Saat ini, pengguna umum sendiri sejatinya belum bisa menjajal dan membuktikan klaim Apple terkait baterai iPhone 13 tersebut. Sebab, iPhone 13 akan mulai dikirimkan ke pengguna global mulai 24 September.

Kala itu, pengujian terkait baterai, begitu juga kapasitas aslinya, mungkin akan tersebar luas dengan lebih mudah dan akurat di internet. Kita nantikan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber 9to5mac
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.