Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gangguan Hari ke-5, Pengguna IndiHome Masih Keluhkan Internet Bermasalah

Kompas.com - 23/09/2021, 14:01 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelanggan IndiHome mengeluhkan gangguan layanan internet sejak Minggu (19/9/2021) sore. Hingga hari ini, Kamis (23/9/2021) sejumlah pelanggan mengaku masih mengalami masalah.

Para pelanggan mengeluhkan koneksi internet yang tidak stabil atau kecepatan yang menurun. Itu artinya, gangguan internet IndiHome sudah memasuki hari kelima. Beberapa pelanggan Indihome pun mengungkapkan keluhannya di Twitter.

Salah satunya pengguna dengan handle Twitter @otaeoxo yang mengunggah tangkapan layar uji kecepatan internet IndiHome hanya mencapai 22 Kbps.

"Ya ampun ngakak banget IndiHome 20 Mbps. Parah ih udah mau empat hari," tulis @otaeoxo.

Pengguna lain juga mengeluhkan hal senada. AKun dengan handle @nadbriglie mengatakan sudah berhari-hari dirinya menggunakan paket data untuk mengakses internet, salah satunya ketike streaming video.

"@IndiHome selamat pagi IndiHome ini sudah memasuki hari keempat saya nonton Netflix menggunakan kuota internet HP saya," ungkap @nadbriglie.

Baca juga: Internet IndiHome dan Telkomsel Gangguan, Ini Penyebabnya

"Jangan bilang akhir bulan ini saya harus tetap bayar tagihan full seperti bulan-bulan sebelumnya namun dengan kekurangan yaitu tidak bisa akses Netflix sama sekali," imbuh akun tersebut.

Setali tiga uang, pengguna dengan handle akun @TandurTukul juga menuliskan keluhan internet IndiHome yang tak kunjung teratasi.

"Iki kapan selesainya drama iki, wes tiga hari jaringan ancur gini! (Ini kapan selesai drama ini, sudah tiga hari jaringan hancur seperti ini," tulisnya dengan menyebut akun @IndiHomeCare dan @IndiHome.

Jumlah laporan melandai

Meski masih banyak keluhan, dari pantauan KompasTekno di situs Downdetector, laporan terkait IndiHome mulai melandai pada hari Kamis (23/9/2021) siang.

Hingga pukul 12.22 WIB tercatat hanya ada 41 laporan. Dari peta status, sebagian besar gangguan masih terpantau di Pulau Jawa dan Bali.

Laporan keluhan pengguna IndiHome yang terpantau di situs Downdetector per hari Kamis (23/9/2021).Downdetector/Telkom Laporan keluhan pengguna IndiHome yang terpantau di situs Downdetector per hari Kamis (23/9/2021).
Semetara itu, laporan terkait gangguan Telkomsel yang juga mengalami gangguan di hari yang sama, telah redam. Hingga pukul 12.00 WIB tercatat hanya ada tujuh laporan di situs Downdetector.

Telkomsel sendiri telah mengonfirmasi layanan internetnya sudah pulih dan kembali normal.
Hal itu dikatakan Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin.

Denny mengatakan wilayah terdampak gangguan jaringan di sejumlah titik yakni Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua sudah bisa menggunakan layanan Telkomsel dengan normal.

"Akses layanan internet Telkomsel di seluruh wilayah yang terdampak gangguan telah pulih dan dapat diakses dengan normal," kata Denny dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (23/9/2021).

Baca juga: Telkom: Titik Gangguan IndiHome Ada di Batam

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com