Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Angkat Tangan di Google Meet HP Android dan iOS

Kompas.com - 27/09/2021, 08:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat banyak perubahan di kehidupan banyak orang, termasuk cara mereka bertanya ketika mengikuti kegiatan virtual, seperti kuliah online, pembelajaran jarak jauh, rapat virtual, webinar, dan sebagainya.

Ini mengingat kegiatan tersebut sekarang sering kali dilakukan melalui aplikasi video conference, seperti Google Meet misalnya.

Dulu, orang hanya perlu mengangkat tangan mereka ke atas ketika ingin bertanya dalam sebuah acara seminar, rapat, atau saat berada di kelas.

Baca juga: Cara Angkat Tangan Saat Rapat di Google Meet Melalui Laptop

Sekarang berbeda. Karena kegiatan dilakukan secara virtual melalui Google Meet, maka mengangkat tangan ketika ingin bertanya juga harus dilakukan secara virtual pula.

Pengguna bisa menggunakan fitur bernama "Raise Hand" alias angkat tangan di aplikasi Google Meet, ketika ingin bertanya selama panggilan telekonferensi berlangsung.

Lantas bagaimana cara mengangkat tangan di Google Meet saat menggunakan HP Android atau iOS?

Sejatinya, antarmukan Google Meet di ponsel Android maupun iOS sama. Jadi, pengguna ponsel Android dan iOS sama-sama dapat menemukan fitur Raise Hand di menu bar di bawah layar, tepatnya di sebelah ikon mikrofon.

Fitur Raise Hand ini diwakili dengan ikon telapak tangan dengan lima jari terbuka. Namun, berbeda dari fitur Raise Hand di Zoom, fitur angkat tangan di Google Meet ini tidak tersedia untuk semua pemilik akun Google.

Baca juga: Cara Mute Mikrofon di Zoom lewat HP Android

Ada dua syarat yang mesti dipenuhi pengguna sebelum bisa menggunakan fitur angkat tangan di Google Meet ini, sebagai berikut:

  • Pastikan ponsel pengguna sudah menjalankan sistem operasi Android 6.0 atau yang lebih baru, dan iOS 12 atau yang lebih baru
  • Pengguna adalah pemegang Google Workspace edisi tertentu, yakni Bisnis (Essentials, Standard, Plus), Enterprise (Essentials, Standard, Plus), Education (Fundamentals, Standard, Plus), Teaching and Learning Upgrade, G Suite Business, dan Nonprofits.

Dengan kata lain, fitur Raise Hand tidak tersedia bagi pengguna Google Meet dengan akun Google pribadi dan paket Workspace Business Starter, sebagaimana dihimpun dari laman Google Support.

Cara angkat tangan di Google Meet

Cara angkat tangan atau Raise Hand di Google Meet.howtogeek Cara angkat tangan atau Raise Hand di Google Meet.
Ketika dua syarat tersebut terpenuhi, pengguna hanya perlu mengikuti panduan berikut ini untuk raise hand di Google Meet, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari HowtoGeek, Senin (27/9/2021).

  • Pertama, ketuk layar ponsel pengguna.
  • Kedua, klik ikon Raise Hand atau telapak tangan terbuka di menu bar. Maka ikon telapak tangan juga akan muncul di video pengguna.
    Dengan begitu, peserta kegiatan virtual bisa mendapat perhatian dari moderator (guru, dosen, pembicara, dll) dan dipersilakan untuk menyampaikan pertanyaannya.
    Saat seseorang mengangkat tangannya, semua peserta di panggilan telekonferensi itu juga akan mendapatkan notifikasi. Fitur Raise Hand tetap bisa digunakan walau pengguna menonaktifkan kamera dan mikrofonnya.
    Baca juga: Fitur Baru Google Meet Bikin Ganti Background Lebih Cepat
  • Ketiga, saat sudah dipersilakan bertanya, pengguna dapat menyampaikan pertanyaan melalui chat atau langsung berbicara melalui mikrofon.
  • Keempat, setelah selesai menyampaikan pertanyaan, klik ikon Raise Hand yang sama untuk menghilangkan ikon telapan tangan dari video pengguna.

cara melihat peserta yang raise hand di Google Meet.howtogeek cara melihat peserta yang raise hand di Google Meet.
Ada kalanya, beberapa peserta mengajukan pertanyaan secara bersamaan. Nah, pengguna juga bisa melihat siapa saja peserta panggilan telekonferensi yang sedang mengantre untuk bertanya.

Berikut cara melihatnya.

  • Klik nama meeting yang ada di atas layar
  • Pengguna akan dialihkan ke jendela "About this call"
  • Di tab "People", pengguna bisa melihat siapa saja yang ingin bertanya di bagian "Raise Hands"
  • Daftar tersebut disusun secara kronologis, artinya peserta yang mengeklik ikon angkat tangan pertama kali akan berada di urutan paling atas dalam daftar "Raise Hands".

Itu dia cara angkat tangan di Google Meet untuk ponsel (HP) Android dan iOS. Selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com