Microsoft Jadi Merek Paling Dibenci di Indonesia

Kompas.com - 01/10/2021, 10:01 WIB
Microsoft IstMicrosoft

KOMPAS.com - Seperti manusia, sebuah brand atau merek juga memiliki "haters" atau sekelompok orang yang tidak suka terhadapnya.

Hal itu membuat RAVE Review mencoba menganalisis beberapa merek perusahaan dunia yang dibenci di berbagai negara.

Untuk Indonesia, Microsoft menjadi merek dengan label "paling dibenci" menurut hasil laporan RAVE Review. Tingkat kebencian orang Indonesia terhadap Microsoft tercatat sebesar 51,35 persen.

Tidak hanya di Indonesia, berdasarkan riset tersebut, Microsoft juga menjadi merek paling tidak disukai di 22 negara, termasuk di markas besarnya, Amerika Serikat.

Paling dibenci di dunia

Hal itu menjadikan Microsoft yang terkenal sebagai pembuat OS Windows itu, merek teknologi "paling dibenci" di seluruh dunia.

Baca juga: Menengok Sejarah Microsoft, dari DOS hingga Windows dan Xbox

"Di dunia, di mana banyak orang memiliki iPhone dan MacBook, tidak heran jika Microsoft menjadi salah satu merek paling dibenci di seluruh dunia," tulis RAVE Review dalam lamannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peta yang menunjukkan merek perusahaan paling dibenci di berbagai negara.RAVE Review Peta yang menunjukkan merek perusahaan paling dibenci di berbagai negara.

Sebagai perbandingan, Facebook menjadi merek paling dibenci di 14 negara, jumlah yang sama dengan Google.

"Facebook juga mendapat banyak komentar negatif di dunia maya. Mulai dari klaim bahwa platform memiliki banyak masalah privasi, hingga orang yang sekdar tidak percaya dengan Zuckerberg. #DeleteFacebook masih banyak beredar," tulis RAVE.

Facebook tercatat memiliki tingkat kebencian tertinggi di Hong Kong dengan persentase 85 persen.

Sementara Apple, rupanya banyak dibenci di Irlandia dan Pakistan dengan masing-masing tingkat kebencian 73 persen dan 64 persen.

Baca juga: Windows 11 Bisa Di-download Gratis 5 Oktober

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.