Review LG Puricare Wearable Air Purifier, Masker Canggih Pembersih Udara

Kompas.com - 19/10/2021, 09:09 WIB
Masker elektronik LG Puricare Wearable Air Purifier tampak depan. KOMPAS.com/BILL CLINTENMasker elektronik LG Puricare Wearable Air Purifier tampak depan.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Masker elektronik buatan LG Electronics, yaitu LG Puricare Wearable Air Purifier, resmi diboyong ke Indonesia pada pertengahan Agustus lalu.

LG mengklaim perangkat pembersih udara berbentuk masker wajah ini memungkinkan pengguna menghirup udara yang lebih bersih, tanpa adanya polusi atau partikel dan bakteri berbahaya.

LG Puricare Wearable Air Purifier mengandalkan dua buah filter H13 HEPA yang diklaim bisa menyaring 99 persen polusi di udara, termasuk bakteri dan partikel pembawa virus.

Baca juga: Masker Air Purifier LG Generasi Kedua Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Selama lebih kurang dua bulan, KompasTekno berkesempatan untuk menggunakan dan menjajal kebolehan masker ini melalui penggunaan sehari-hari, menggantikan masker medis reguler.

Selain varian warna putih seperti yang didapatkan KompasTekno, LG juga memasarkan varian lain yang berwarna hitam.

Aneka komponen yang harus dipasang di masker LG Puricare Wearable Air Purifier.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Aneka komponen yang harus dipasang di masker LG Puricare Wearable Air Purifier.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelum bisa dipakai, masker air purifier ini harus dipasangi dengan sejumlah pelengkap terlebih dahulu supaya beroperasi sesuai dengan fungsinya.

Beberapa di antaranya seperti memasang dua buah filter H13 HEPA di sisi kiri dan kanan masker, serta komponen Inner Cover yang berguna untuk melindungi bagian dalam masker dari percikan pernafasan.

Ada pula komponen pelindung silikon (Face Guard) yang berfungsi untuk membuat hidung hingga dagu kita menempel dengan masker. Komponen ini dibekali dengan magnet sehingga bisa melekat kuat dengan masker.

Setelah semua komponen terpasang, pengguna lantas bisa menyalakan masker dengan cara menekan tombol power selama kurang lebih dua detik hingga terdengar bunyi "beep".

Desain tebal dan sedikit berat

Masker LG Puricare Wearable Air Purifier tampak samping.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Masker LG Puricare Wearable Air Purifier tampak samping.

Apabila dibandingkan dengan masker wajah pada umumnya, LG Puricare Wearable Air Purifier memang terlihat lebih tebal dengan dimensi ketebalan sekitar 5 cm. Walhasil, visibilitas atau pandangan mata pengguna ke arah bawah pun sedikit terganggu.

Selain itu, bagi yang belum terbiasa, masker ini mungkin terasa kurang nyaman apabila digunakan berlama-lama, lantaran bobotnya sekitar 100 gram.

Agar tidak mudah lepas (karena berat) atau melelahkan telinga, pengguna bisa memakai tali penghubung earloop yang disertakan dalam kemasan. Tali ini akan menyambungkan kedua earloop dan bertumpu pada bagian belakang kepala.

Penggunaan masker LG Puricare Wearable Air Purifier mengandalkan tali penghubung ekstra.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Penggunaan masker LG Puricare Wearable Air Purifier mengandalkan tali penghubung ekstra.

Tidak terasa pengap, walaupun saat berolahraga

Meski tebal dan berat, LG Puricare Wearable Air Purifier tidak akan membuat penggunanya merasa pengap layaknya menggunakan masker medis biasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.