Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menyembunyikan Notifikasi WhatsApp Web di Android

Kompas.com - 22/10/2021, 18:31 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain melalui aplikasi, WhatsApp juga bisa diakses melalui browser. Melalui WhatsApp Web ini pengguna juga bisa menikmati semua fitur yang sama dengan di aplikasi.

WhatsApp Web kerap diakses melalui perangkat komputer atau laptop. Untuk menggunakan WhatsApp Web, pengguna wajib memindai kode QR menggunakan ponsel untuk login.

Setelah login, nantinya di ponsel pengguna akan muncul notifikasi di bagian atas yang berbunyi "WhatsApp Web is currently active".

Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi bahwa ada yang sedang menggunakan WhatsApp Web menggunakan akun WhatsApp kita.

Baca juga: WhatsApp Uji Coba Tampilan Baru Picture in Picture, Begini Penampakannya

Notifikasi ini akan terus ditampilkan di panel notifikasi dan tidak bisa dibersihkan (clear notification), selagi WhatsApp Web masih aktif di perangkat PC. Sehingga, hal ini mungkin saja bakal bikin sebagian pengguna risih.

Pengguna yang ingin mematikan notifikasi tersebut sebenarnya bisa langsung menekan notifikasi WhatsApp Web itu hingga muncul menu lain dan meng-klik "Turn off notifications", supaya notifikasi tersebut hilang. 

Hanya saja, cara ini juga akan menyembunyikan seluruh notifikasi WhatsApp, termasuk berbagai chat yang bakal masuk ke ponsel.

Nah, KompasTekno kini punya tips bagaimana cara menyembunyikan notifikasi WhatsApp Web di ponsel Android, tanpa menghilangkan notifikasi chat WhatsApp yang masuk. Penasaran? Yuk, simak tips berikut.

Cara menyembunyikan notifikasi WhatsApp Web di Android

Cara menyembunyikan notifikasi WhatsApp Web aktif tanpa menyembunyikan chat WhatsApp yang masuk.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara menyembunyikan notifikasi WhatsApp Web aktif tanpa menyembunyikan chat WhatsApp yang masuk.
Pertama-tama, pergi ke menu pengaturan atau "Settings". Lalu, pilih menu "Notifications & status bar" dan masuk ke menu "Manage notifications".

Setelah itu, gulirkan (scroll) layar ke bawah hingga pengguna melihat aplikasi "WhatsApp". Kemudian, klik aplikasi tersebut.

Pengguna lantas akan disodorkan dengan berbagai pengaturan notifikasi untuk berbagai layanan yang dimiliki WhatsApp pada tampilan selanjutnya. 

Baca juga: Pengguna WhatsApp Bakal Lebih Mudah Nimbrung ke Grup Call yang Sedang Berlangsung

Di tampilan tersebut, matikan toggle "Other notifications" dari warna hijau (aktif) menjadi abu-abu (non-aktif).

Apabila sudah dinon-aktifkan, maka notifikasi WhatsApp Web tersebut akan hilang dari panel notifikasi pengguna, namun, notifikasi chat WhatsApp akan tetap masuk ke ponsel.

Perlu dicatat, KompasTekno menggunakan ponsel Android merk Oppo untuk menjabarkan cara menyembunyikan notifikasi WhatsApp Web ini.

Sehingga, langkah-langkah masuk ke menu notifikasi mungkin saja berbeda di ponsel Samsung, Xiaomi, Vivo, Realme, dan lain sebagainya.

Namun, langkah-langkahnya kemungkinan besar bakal serupa karena sama-sama ponsel Android.

Pengguna yang memakai ponsel selain Oppo bisa mencoba menelusuri menu Settings di ponsel mereka dan mencari menu yang sekiranya memiliki nama "Notifications", serta langsung mencari aplikasi WhatsApp dan mematikan opsi "Other notifications" tadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com