Apa itu "Untrusted Server Certificate" di Zoom dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 19/10/2021, 20:03 WIB
Ilustrasi Zoom. BusinessInsiderIlustrasi Zoom.

KOMPAS.com - Salah satu masalah yang ditemui saat menggunakan Zoom, adalah munculnya pesan keamanan berbunyi "Security Warning: Untrusted Server Certificate".

Notifikasi ini muncul secara tiba-tiba ketika pengguna hendak menjalankan aplikasi Zoom di perangkat PC atau laptop.

Meski sebenarnya bisa di-skip dengan menekan tombol "Trust Anyway", notifikasi ini kerap muncul kembali dan dapat menghambat pengguna saat akan beraktivitas menggunakan Zoom.

Menurut keterangan yang tertera di situs resmi Zoom, notifikasi ini bisa muncul karena sejumlah alasan. Salah satunya, komunikasi dalam keadaan tidak aman.

Baca juga: Zoom Kini Bisa Setop Tampilan Video Orang Lain, Begini Caranya

Namun, kemungkinan tersebut kecil adanya. Menurut Zoom, munculnya pemberitahuan tersebut lebih banyak disebabkan oleh kesalahan konfigurasi jaringan yang digunakan.

"Dalam budaya kerja dari rumah (WFH) saat ini, koneksi VPN juga sering kali bisa membuat notifikasi ini muncul," tulis Zoom di halaman resminya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara mengatasi

Perbaiki tanggal dan waktu di sistem perangkat

Selain VPN, salah satu dari penyebab munculnya pemberitahuan ini adalah tidak selarasnya tanggal atau waktu perangkat dengan sistem.

Hampir seluruh perangkat, termasuk laptop, dapat memperbarui waktu secara otomatis melalui Network Time Protocol (NTP) yang tersedia secara luas.

Namun, beberapa perangkat tertentu mungkin masih menggunakan jaringan NTP lokal yang sudah dikonfigurasi dan tidak dapat diakses dari lokasi tertentu.

Apabila terjadi perbedaan sinkronisasi waktu di antara keduanya, maka pengguna dapat mencoba menyesuaikan waktu pada perangkat secara manual.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.