Status "Last Seen" WhatsApp Bakal Bisa Disembunyikan dari Orang Tertentu

Kompas.com - 14/11/2021, 14:02 WIB
Ilustrasi WhatsApp businessinsider.comIlustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - WhatsApp diketahui tengah mengembangkan salah satu fitur populer, yakni "Last Seen" atau "Terakhir Dilihat". Last seen sendiri merupakan fitur yang mampu menunjukkan kapan pengguna terakhir online.

Umumnya, informasi yang tertera pada status Last Seen ditunjukkan dalam keterangan waktu berupa hari, jam dan menit. Pengguna juga bisa mematikan fitur Last Seen agar semua daftar kontak tidak dapat bisa melihat informasi kapan pengguna tersebut terakhir kali online.

Belakangan, WhatsApp dikabarkan tengah mengerjakan fitur baru untuk Last Seen, yang nantinya akan memungkinkan status ini tak bisa dilihat oleh kontak tertentu saja, alih-alih semua orang.

Fitur baru itu berupa opsi "My contacts except.." yang bisa dipilih untuk menampilkan informasi Last Seen, Profile Photo, dan About dari pengguna.

Baca juga: WhatsApp Uji Coba Tampilan Baru Menu Kontak Info, Seperti Apa?

Ilustrasi fitur Last Seen yang menerima opsi baru, yakni My contacts except..WABetaInfo Ilustrasi fitur Last Seen yang menerima opsi baru, yakni My contacts except..
Melalui opsi ini, pengguna bisa memilih untuk menyembunyikan profil dan aktivitas pengguna di WhatsApp dari orang tertentu saja yang ada di dalam daftar kontak.

Kehadiran opsi tersebut tentu terbilang praktis, mengingat sebelumnya informasi terakhir online, foto profil, dan kolom About hanya bisa diatur agar dapat dilihat oleh semua orang (Everyone), kontak pengguna (My Contacts), atau disembunyikan dari semua orang (Nobody) saja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan keberadaan opsi "My contacts except.." ini, nantinya pengguna bisa memilih secara lebih spesifik, soal siapa saja yang tidak bisa melihat status Last Seen.

WhatsApp sendiri kabarnya sedang mengerjakan fitur baru ini dalam beberapa bulan terakhir. Fitur tersebut bahkan sudah digulirkan secara berkala untuk pengguna WhatsApp Beta versi 2.21.23.14, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Minggu (14/11/2021).

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Communities, Bisa Bikin Grup di Dalam Grup

Kehadiran opsi "My contacts except.." pada WhatsApp versi Beta mengindikasikan bahwa fitur tersebut akan segera dirilis secara resmi dalam waktu dekat.

Apabila mengacu pada runutan waktu kehadiran fitur baru sebelum-sebelumnya, calon fitur anyar ini agaknya akan resmi dibagikan setidaknya dalam beberapa bulan ke depan. Kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber WABetaInfo
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.