Kompas.com - 25/11/2021, 08:38 WIB
Ilusrasi situs web Indosat Gig. KOMPAS.com/BILL CLINTENIlusrasi situs web Indosat Gig.

KOMPAS.com - Layanan internet kabel (fixed broadband) untuk pengguna rumahan milik Indosat M2, Indosat GIG akan berhenti beroperasi terhitung hari ini, Kamis (25/11/2021).

Hal itu diumumkan perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Indosat Ooredoo tersebut dalam e-mail yang dikirimkan ke para pelanggannya.

Salinan e-mail tersebut beredar luas di media sosial sejak Jumat, (19/11/2021). Salah satu pelanggan Indosat GIG yang juga merupakan Presidium Cek Fakta Mafindo, Eko Juniarto, membenarkan e-mail tersebut.

Di dalam surat yang didapat Eko itu, disebutkan bahwa Indosat GIG memang benar bakal menutup layanannya per tanggal 25 November 2021.

"Dengan sangat menyesal kami menyampaikan bahwa perusahaan tidak dapat lagi menjalankan aktivitas bisnisnya secara menyeluruh paling lambat sampai dengan tanggal 25 November 2021," tulis Indosat M2 dalam e-mail yang diterima Eko.

Baca juga: Menkominfo Ungkap Hasil Pertemuan Terkait Penutupan Indosat GIG

Keputusan ini diambil setelah Kejaksaan Agung (Kejagung) memutuskan bahwa perusahaan harus membayar Uang Pidana Pengganti sebesar Rp 1,35 triliun. Hal itu ditetapkan dalam Putusan Mahkamah Agung No 787 K/PID.SUS/2014 tertanggal 10 Juli 2014.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penutupan Indosat GIG merupakan buntut dari kasus korupsi frekuensi delapan tahun lalu, tepatnya pada 2013.

Melansir pemberitaan Kompas.com bulan Mei tahun 2013, Kejaksaan Agung menetapkan PT Indosat Tbk dan anak perusahaannya, PT Indosat Mega Media (IM2) sebagai tersangka dalam kasus korupsi penggunaan jaringan frekuensi radio 2,1 GHz atau 3G.

Kedua perusahaan dikenai Pasal 2 dan 3 Undang-undang No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Sebagai informasi, Indosat sendiri merupakan pemegang saham mayoritas dari PT Indosat Mega Media (IM2) dengan kepemilikan 99,8 persen.

Dalam e-mail pemberitahuan, Indosat M2 juga menyampaikan permintaan maaf kepada pelanggan atas penutupan layanan Indosat GIG.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.