Hari Guru Jadi Google Doodle, Ini Sejarah 25 November Jadi Hari Guru Nasional

Kompas.com - 25/11/2021, 06:28 WIB
Google Doodle Hari Guru Nasional GoogleGoogle Doodle Hari Guru Nasional

KOMPAS.com - Pagi ini, Kamis 25 November, tampilan doodle Google tampak berbeda. Terlihat seekor lebah besar bewarna biru dengan kacamata yang tampak memperlihatkan buku ke beberapa lebih kecil nan menggemaskan.

Lebah besar itu kemungkinan merepresentasikan seorang guru yang sedang membimbing anak didiknya, sesuai dengan tema Google Doodle hari ini yang ikut merayakan Hari Guru Nasional.

Google Doodle Hari Guru Nasional tampak semakin menggemaskan karena dipulas dengan warna-warna yang ceria. Seperti diketahui, setiap tanggal 25 November, Indonesia memperingati Hari Guru Nasional.

Hari Guru

Hari Guru Indonesia ditetapkan melalui Keputusan Presiden No 78 Tahun 1994. Keppres ini menetapkan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) sekaligus sebagai Hari Guru Nasional.

Baca juga: Link Twibbon Hari Guru Nasional 25 November 2021 dan Cara Menggunakannya

Menurut sejarahnya, organisasi PGRI berawal dari Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang berdiri sejak tahun 1912.

PGHB adalah bentuk dari perjuangan para guru pribumi di masa Belanda yang beranggotakan Guru Bantu, Guru Desa, Kepala Sekolah, dan Penilik Sekolah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Biasanya, guru yang tergabung dalam PGHB bertugas di Sekolah Desa dan Sekolah Rakyat Angkatan Dua.

Organisasi PGHB didirikan untuk mendorong para guru pribumi memperjuangkan persamaan hak dan posisi dengan pihak Belanda.

Kemudian, pada 1932, PGHB berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Namun, saat masa kependudukan Jepang, PGI dilarang melakukan aktivitas, karena segala jenis organisasi dilarang saat itu.

Baca juga: Media Asing Soroti Kesulitan Siswa dan Guru di Indonesia Belajar Online

Barulah setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945, Kongres Guru Indonesia diadakah pada 24-25 November di Surakarta.

Di kongres itulah, dibentuk PGRI untuk mewadahi seluruh guru di Indonesia. Karena itulah, Hari Guru ditetapkan pada 25 November di Indonesia setiap tahunnya.

Selamat Hari Guru untuk seluruh pendidik di Indonesia!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.