Kompas.com - 26/11/2021, 13:07 WIB
Ilustrasi render 3D ponsel lipat Oppo. LetsGoDigitalIlustrasi render 3D ponsel lipat Oppo.

KOMPAS.com - Oppo agaknya bakal segera menyusul sejumlah pabrikan Android lain dalam menelurkan produk smartphone lipat alias foldable phone.

Kabar terbaru yang diedarkan seorang pembocor gadget asal China di media sosial Weibo menyebutkan bahwa ponsel lipat pertama Oppo bakal meluncur pada Desember 2021. Sang pembocor mengatakan perangkat berkode nama "Peacock" itu akan dijuluki "Oppo Fold".

Bocoran spesifikasinya pun ikut diumbar. Oppo Fold konon bakal dibekali layar dengan panel OLED fleksibel berjenis low-temperature polycrystalline oxide (LTPO).

Baca juga: 6 Fitur Menarik Oppo A95 yang Tak Diungkap Saat Peluncuran

Layar itu bakal bisa dilipat dengan skema lipatan seperti menutup buku, mirip seperti Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Huawei Mate X2.

Dalam keadaan terbentang, layar Oppo Fold disinyalir memiliki diagonal 8 inci. Layar tersebut konon beresolusi hingga 2.000 piksel serta mendukung refresh rate 120 Hz.

Tangkapan layar postingan tipster China di Weibo (sudah dalam terjemahan bahasa Indonesia). Berisi bocoran spesifikasi dan jadwal rilis ponsel lipat pertama Oppo, Oppo Fold.Weibo Tangkapan layar postingan tipster China di Weibo (sudah dalam terjemahan bahasa Indonesia). Berisi bocoran spesifikasi dan jadwal rilis ponsel lipat pertama Oppo, Oppo Fold.
Di sektor kamera, Oppo Fold dirumorkan bakal dibekali kamera belakang dengan sensor Sony IMX766 50 MP. Sementara,  kamera selfie ponsel lipat pertama Oppo itu disebut bakal beresolusi 32 MP.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapur pacu Oppo Fold disinyalir bakal mengandalkan Snapdragon 888. Belum diketahui berapa kapasitas RAM dan media internal yang bakal tersedia di ponsel ini.

Bocoran spesifikasi lain mencakup baterai 4.500 mAh dengan dukungan pengisian daya cepat (fast charging) 65W, serta OS Android 12 dengan UI ColorOS 12, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizmoChina, Jumat (26/11/2021).

Perlu dicatat, jadwal dan spesifikasi di atas masih berupa bocoran. Oppo sendiri belum memberikan informasi resmi soal rencana kehadiran lini foldable phone perdananya.

Aneka rancangan ponsel lipat Oppo

Sebelum kabar peluncuran Oppo Fold tersiar, sejak 2019, Oppo memang sudah memamerkan beberapa desain ponsel lipat buatannya. Meski belum ada satu desain ponsel lipat itu yang terealisasi.

Baca juga: Oppo Ikut Pamer Smartphone Lipat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.