Kompas.com - 24/11/2021, 15:17 WIB
Ilustrasi chipset Snapdragon GSMArenaIlustrasi chipset Snapdragon

KOMPAS.com - Penamaan system on chip (SOC) Snapdragon buatan Qualcomm selalu terdiri dari tiga angka, yakni lini Snapdragon 200, 400, 600, 700 dan 800.

Masing-masing seri Snapdragon ditujukan bagi segmen smartphone yang berbeda. Snapdragon 200-400 untuk smartphone kelas entry-level, seri 600-700 duduk di papan tengah, sedangkan seri 800 digunakan di smartphone flagship hingga premium.

Ke depan, skema penamaan itu akan berubah. Qualcomm mengumumkan rencana nama baru untuk keluarga chip Snapdragon menjelang acara Snapdragon Tech Summit 30 November mendatang.

Baca juga: Qualcomm Umumkan Snapdragon 778G Plus, 695, 680, dan 480 Plus

Nama baru Snapdragon akan lebih sederhana, yakni terdiri dari satu digit angka di depan yang diikuti nomor generasi. Jadi, nantinya, tidak ada lagi chip "Snapdragon 898" atau penamaan sejenis, melainkan "Snapdragon 8 Gen1".

Perubahan nama ini akan mulai berlaku untuk chipset terbaru Snapdagron yang akan dirilis akhir November mendatang.

Dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (24/11/2021), Qualcomm belum menerangkan alasan penggantian nama Snapdragon. Informasi terkait hal itu kemungkinan akan dijelaskan dalam acara Snapdragon Tech Summit pekan depan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Qualcomm turut berencana "memisahkan" brand Snapdragon atau produk lain yang berkaitan dengan mobile. Snapdragon akan menjadi produk sendiri dengan "ikatan khusus bersama merk Qualcomm yang sesuai".

Baca juga: MediaTek Sindir Qualcomm, Sebut Punya Masalah Panas

Selain itu, Qualcomm juga akan menghapus embel-embel "5G "di chip buatannya.Sebab, dukungan 5G dinilai sudah menjadi fitur umum dan tidak perlu digunakan sebagai jaminan ke konsumen.

Mulai saat ini, Qualcomm hanya akan merilis chip yang sudah mendukung jaringan 5G, sehingga embel-embel 5G memang tidak diperlukan lagi.

Logo bola api yang menjadi ikon Snapdragon, kabarnya juga akan mengalami perubahan, begitu pula dengan warna SoC yang akan dibagi menjadi beberapa varian.

Adapun penamaan warna yang kabarnya akan digunakan adalah Midnight, Gunmetal, Nickel, Snapdragon Red, dan Gold. Masing-masing warna akan menunjukan kelas SoC. Warna Gold misalnya hanya akan digunakan untuk SoC kelas premium.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.