Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Ponsel Baru Vivo Siap Masuk Indonesia, Dua di Antaranya Ponsel 5G

Kompas.com - 30/11/2021, 16:10 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah meluncurkan V23e di Indonesia beberapa waktu lalu, Vivo tampak bersiap membawa sejumlah ponsel terbarunya ke Tanah Air.

Dari halaman Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian, ada tiga ponsel Vivo yang siap masuk ke Indonesia, dua di antaranya adalah ponsel 5G.

Di sana, ada tiga ponsel anyar buatan PT Vivo Mobile Indonesia dengan nomor model V2131, V2130, dan V2126. Ketiganya tercatat lolos TKDN pada 29 November 2021.

Tiga ponsel baru Vivo yang segera masuk Indonesia.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Tiga ponsel baru Vivo yang segera masuk Indonesia.
Tidak disebutkan apa nama ponsel dari ketiga perangkat Vivo baru tersebut.

Namun, Perangkat dengan nomor model V2131 dipastikan merupakan ponsel 4G yang memiliki nilai TKDN 32,90 persen, sedangkan V2130 dan V2126 merupakan ponsel 5G dengan masing-masing nilai TKDN 32,20 dan 32,90 persen.

Baca juga: Vivo Kuasai Pasar Ponsel Indonesia berkat Y33s

Sekadar informasi, batas nilai TKDN yang harus dipenuhi smartphone 4G dan 5G yang bakal dipasarkan di Indonesia masih mengikuti peraturan sebelumnya, yaitu setidaknya mencapai 30 persen.

Namun belum lama ini, pemerintah berencana bakal meningkatkan batas nilai TKDN menjadi 35 persen pada April 2022 mendatang. Hal ini bertujuan untuk mendorong produksi perangkat 4G dan 5G didalam negeri.

Terlepas dari nilai TKDN, berdasarkan beragam informasi yang beredar, V2131 sendiri diduga merupakan nomor model untuk Vivo Y21T, sedangkan V2126 untuk Vivo V23e 5G.

Belum ada informasi terkait nomor model V2130, namun, ponsel ini disinyalir bakal memiliki spesifikasi serupa dengan V2131.

Bocoran spesifikasi Vivo Y21T dan Vivo V23e 5G

Vivo V23e Moonlight Shadow.Vivo Vivo V23e Moonlight Shadow.
Apabila mengacu pada bocoran spesifikasi yang beredar di dunia maya, Vivo V2130 dan V2131 (Vivo Y21T) disebut bakal dibekali dengan layar beresolusi Full HD Plus yang dihiasi dengan sebuah modul kamera punch hole di bagian tengah atas layar.

Kedua ponsel itu juga disebut bakal ditenagai dengan chipset Mediatek Dimensity 900, dipadukan dengan RAM 8 GB, baterai yang mendukung teknologi pengisian cepat 44 watt, serta sistem operasi (OS) Android 11.

Untuk Vivo V23e 5G, ponsel tersebut dikabarkan bakal dibekali dengan chipset Mediatek Dimensity 810 yang sudah mendukung konektivitas 5G.

Desain dan spesifikasi ponsel itu konon bakal serupa dengan Vivo V23e versi 4G yang resmi dipasarkan di Indonesia.

Baca juga: Persaingan Ponsel China Makin Ketat, Bisnis Xiaomi Terganggu Oppo, Vivo, dan Honor

Hanya saja, selain di chipset, perbedaan kemungkinan terletak di kamera selfie dan kamera utama yang resolusinya sedikit dipangkas, masing-masing menjadi 44 MP dan 50 MP, alih-alih 50 MP dan 64 MP pada Vivo V23e 4G.

Belum dipastikan apakah rumor terkait nama ponsel Vivo tadi, begitu juga informasi spesifikasi yang telah dibeberkan ini akurat atau tidak.

Pantauan KompasTekno, Selasa (30/11/2021), beragam kanal media sosial resmi Vivo Indonesia sendiri juga belum mengumbar kehadiran ponsel terbaru mereka setelah V23e.

Yang jelas, apabila sudah muncul di laman TKDN Kemenperin, tak menutup kemungkinan ketiga ponsel tadi bakal masuk Indonesia dalam waktu dekat. Kita nantikan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com