Cara Mudah Bikin Stiker WA Langsung di WhatsApp Web

Kompas.com - 02/12/2021, 10:21 WIB

KOMPAS.com - WhatsApp (WA) resmi meluncurkan fitur baru khusus untuk versi web. Fitur itu memungkinkan pengguna membuat stiker WhatsApp (WA) langsung dari WhatsApp Web tanpa perlu aplikasi tambahan.

Selama ini, pengguna harus menggunakan aplikasi pihak ketiga jika ingin membuat stiker WA sendiri (custom).

Bagi sebagian orang, cara itu cukup merepotkan. Terutama yang kapasitas memori perangkatnya terbatas yang harus bijak dalam mengunduh aplikasi.

Dengan fitur baru ini, pengguna bisa membuat stiker WhatsApp langsung dari foto atau gambar pribadi yang tersimpan di perangkat. Pengguna WhatsApp di Indonesia sudah bisa menjajal fitur ini.

Baca juga: Instagram Uji Coba Stiker Baru Add Yours di Indonesia, Begini Cara Memakainya

Cara membuat stiker WA di WhatsApp Web

Cara membuat stiker WA di WhatsApp Web tidaklah sulit. Namun, sebelum membuatnya, pastikan dulu Anda sudah masuk ke WhatsApp versi web, yakni dengan membuka alamat web.whatsapp.com di browser.

Cara menghubungkan akun WhatsApp ke versi web bisa dilihat di artikel berikut. Jika sudah, ikuti langkah membuat stiker WA di WhatsApp Web tanpa aplikasi tambahan berikut:

  1. Buka chatroom/ruang obrolan yang ingin dikirimi stiker WhatsApp.
  2. Klik tombol "attach" yang disimbolkan dengan ikon klip kertas, lalu Pilih ikon stiker.
  3. Pilih gambar dari galeri komputer yang ingin diedit untuk menjadi stiker. Edit gambar sesuai kehendak.
  4. Gambar bisa dipotong, ditambah teks, atau ditambah emoji. Jika sudah selesai diedit, klik tombol kirim atau anak panah ke kanan.
  5. Seperti stiker pada umumnya, pengguna bisa menyimpan atau menambahkan ke favorit untuk memperkaya koleksi, serta dibagikan ke pengguna lain.

Cara membuat stiker custom di WhatsApp WebKompas.com/Wahyunanda Cara membuat stiker custom di WhatsApp Web

Baca juga: WhatsApp Web Vs WhatsApp Desktop, Perbedaan dan Cara Menggunakannya

Untuk saat ini, hanya WhatsApp versi web saja yang memungkinkan pengguna membuat stiker WhatsApp langsung tanpa aplikasi tambahan. Kabarnya, WhatsApp juga akan menghadirkan fitur ini di WhatsApp versi desktop.

Namun belum diketahui kapan fitur itu akan dirilis. Belum diketahui juga apakah WhatsApp akan merilis atau tidak mengenai fitur yang sama untuk versi aplikasi mobile di platform Android dan iOS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.