Ancaman di Balik Ponsel yang Pakai Qualcomm Snadragon 8 Gen 1

Kompas.com - 03/12/2021, 07:17 WIB

KOMPAS.com - Qualcomm baru saja memperkenalkan system on chip (SoC) terbarunya yaitu Snapdragon 8 Gen 1. Chipset untuk segmen ponsel flagship ini dibekali sejumlah peningkatan dibanding pendahulunya, Snapdragon 888.

Salah satunya pada aspek kamera yang kini dibekali prosesor pengolahan gambar (ISP) "Always-On", sensor penginderaan yang selalu aktif (always-on sensor) untuk keperluan membuka kunci ponsel secara otomatis dan layar anti-intip.

"Kamera depan ponsel Anda selalu dengan aman mencari wajah Anda, bahkan jika Anda tidak menyentuh atau mengangkat ponsel untuk mengaktifkannya," kata Judd Heape selaku wakil presiden manajemen produk Qualcomm, saat memperkenalkan fitur ISP Always-On.

Baca juga: Qualcomm Resmi Umumkan Snapdragon 8 Gen 1, Bukan Snapdragon 898

Tidak lama setelah diumumkan, fitur baru kamera Snapdragon 8 Gen 1 ini memantik rasa khawatir pengguna karena disebut dapat mengancam privasi. Mengapa demikian?

Alasan utamanya, fitur ini dikhawatirkan bakal selalu merekam gambar melalui kamera bahkan ketika ponsel tidak sedang digunakan oleh pengguna. Data yang dihimpun fitur kamera Always-On juga dikhawatirkan dapat dibagikan ke pihak ketiga atau disalahgunakan.

Kemampuan Always-On di kamera Snapdragon 8 Gen 1

Sebenarnya, Qualcomm mendesain fitur kamera Always-On di kamera Snapdragon 8 Gen 1 ini untuk mempermudah pengguna ketika membuka kunci ponsel menggunakan teknologi pendeteksi wajah (face unlock).

Dengan fitur ini, pengguna tak perlu lagi repot-repot mengetuk layar atau mengambil ponsel untuk membuka kunci ponselnya. Sebab, fitur kamera Always-On bakal secara aktif mendeteksi wajah pengguna.

Saat wajah terdeteksi, kunci ponsel akan otomatis terbuka. Sebaliknya, saat wajah pengguna tidak terdeteksi, maka ponsel akan terkunci lagi.

Baca juga: 6 Hal tentang Snapdragon 8 Gen 1, Chip Terbaru Qualcomm yang Meluncur Hari Ini

Karena selalu melacak wajah pengguna, fitur kamera Always-On juga bisa mendeteksi wajah orang asing yang mungkin sedang mengintip ponsel pengguna. Di sinilah bedanya fitur kamera Always-On dengan Face Unlock pada umumnya.

Saat wajah orang lain terdeteksi, fitur kamera Always-On di chipset Snapdragon 8 Gen 1 dapat secara otomatis mengunci ponsel atau menyembunyikan notifikasi agar tidak ditampilkan di layar. Jadi, orang asing tidak dapat melihat layar ponsel pengguna.

Halaman:
Sumber The Verge


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.