Qualcomm Resmi Umumkan Snapdragon 8 Gen 1, Bukan Snapdragon 898

Kompas.com - 01/12/2021, 07:59 WIB

KOMPAS.com - Pabrikan semikonduktor Qualcomm akhirnya resmi mengumumkan system on chip 5G terbarunya yaitu Snapdragon 8 Gen 1, bukan Snapdragon 898, pada acara Snpadragon Tech Summit yang digelar Selasa (30/11/2021).

Seperti diumumkan Qualcomm pekan lalu, chipset ini menjadi chipset pertama dari Qualcomm yang menggunakan nomenklatur penamaan baru yang lebih sederhana, yakni terdiri dari satu digit angka di depan yang diikuti nomor generasi.

Chipset ini juga merupakan penerus dari Snapdragon 888 yang dirilis pada Desember 2020 lalu.

Sesuai namanya, Snapdragon 8 Gen 1 masuk dalam jajaran chipset seri 800 (sekarang seri 8) Qualcomm yang digunakan di smartphone flagship hingga premium.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Calon Chip Teratas Qualcomm, Snapdragon 898

Sebagai generasi terbaru, Snapdragon 8 Gen 1 membawa sejumlah peningkatan dibandingkan Snapdragon 888. Chipset terbaru ini dijanjikan bakal menghadirkan pengalaman baru pada perangkat Android pada ponsel kelas atas generasi berikutnya.

"Teknologi ini memberikan pengalaman konektivitas, fotografi, AI, game, suara, dan keamanan yang belum pernah ada di smartphone," kata Alex Katouzian selaku Senior Vice President and General Manager of Mobile, Compute, and Infrastructure, Qualcomm, sebagaimana dimuat dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu.

Sebagai chipset teranyar dan teratas, Snapdragon 8 Gen 1 bakal menjadi otak dari beragam ponsel kelas atas dari berbagai vendor smartphone.

Adapun vendor yang siap mengadopsi chipset ini termasuk Black Shark, Honor, iQOO, Motorola, Nubia, OnePlus, Oppo, Realme, Sharp, Sony Corporation, Vivo, Xiaomi, dan ZTE.

Ponsel flagship yang diotaki Snapdragon 8 Gen 1 diharapkan hadir pada akhir tahun 2021.

Baca juga: Qualcomm Ganti Nama Chip Snapdragon Jadi Lebih Simpel

Spesifikasi Snapdragon 8 Gen 1

Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1.Qualcomm Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1.
Untuk spesifikasinya, Snapdragon 8 Gen 1 adalah chipset pertama Qualcomm yang dibagun menggunakan arsitektur Armv9 terbaru dari Arm.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.