Gedung Cyber Disebut Tak Penuhi Standar untuk Simpan Data Center

Kompas.com - 03/12/2021, 11:46 WIB

KOMPAS.com - Ketua Bidang Koordinator IIX dan Data Center Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Syarif Lumintarjo mengatakan bahwa Gedung Cyber 1 tidak layak untuk dijadikan sebagai gedung data center.

Hal itu ia ungkapkan dalam sebuah konferensi pers virtual terkait kebakaran Gedung Cyber 1, di mana di dalamnya terdapat data center milik APJII itu sendiri.

Bukan karena mudah terbakar, profil gedung tersebut, seperti material bangunannya, dinilai Syarif belum memenuhi standar untuk penempatan data center.

Baca juga: Bukan Api, Penyebab Tumbangnya Layanan Internet Imbas Kebakaran Gedung Cyber

"Apakah profil Gedung Cyber 1 mendukung untuk sebuah gedung data center? Itu sama sekali tidak," kata Syarif kepada KompasTekno, Jumat (3/12/2021).

"Dari bentuk temboknya, misalnya, seperti kaca yang dilapisi gipsum, itu sudah jauh dengan standar gedung data center," imbuh Syarif.

Ketua Bidang Koordinator IIX dan Data Center APJII, Syarif Lumintarjo dalam sebuah konferensi pers virtual, Jumat (3/12/2021).KOMPAS.com/BILL CLINTEN Ketua Bidang Koordinator IIX dan Data Center APJII, Syarif Lumintarjo dalam sebuah konferensi pers virtual, Jumat (3/12/2021).

Syarif tak menampik bahwa saat ini Gedung Cyber 1 memang banyak diisi oleh tenant atau pengguna gedung yang memiliki server dan data center.

Namun, hal itu bukan karena Gedung Cyber 1 adalah gedung data center, melainkan karena memang banyak penyelenggara data center yang sudah "menghuni" gedung tersebut sejak awal.

"Berdasarkan pengalaman saya sekitar 15-20 tahun, Gedung Cyber 1 itu sebenarnya tidak sengaja dijadikan internet exchange (data center)," ungkap Syarif.

Baca juga: Daftar Aplikasi yang Tumbang Akibat Kebakaran Gedung Cyber

"Secara de facto, Gedung Cyber 1 menjadi tempat berkumpul (para penyelenggara data center) karena memang di situlah para pendiri internet dimulai, jadi gedung itu sudah sangat ikonik," imbuh Syarif. 

Syarif menambahkan, awalnya Gedung Cyber 1 sendiri sudah ditempati oleh para penyelenggara data center.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.