Mengenal Martin Cooper, Sang Penemu Telepon Genggam

Kompas.com - 12/12/2021, 11:05 WIB
Penemu Ponsel Pertama di Dunia BritannicaPenemu Ponsel Pertama di Dunia

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, telepon genggam alias ponsel atau disebut juga dengan handphone (HP), merupakan perangkat yang tak dapat terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Terlebih lagi perkembangan teknologi saat ini yang membuat ponsel semakin canggih dengan berbagai fitur unggulannya untuk memudahkan pengguna untuk beraktivitas.

Melihat perkembangan ponsel yang semakin canggih saat ini, tidak ada salahnya untuk menilik sejenak sosok penemu telepon genggam pertama di dunia.

Baca juga: Bapak Internet dan Penemu Vaksin AstraZeneca, Dua Ilmuwan yang Enggan Patenkan Temuannya

Telepon genggam pertama kali ditemukan pada tahun 1972-1973 oleh seorang veteran asal Amerika Serikat yaitu Martin Marty Cooper atau biasa dikenal dengan Martin Cooper. Pada tahun-tahun tersebut Cooper bersama tim merancang dan membangun ponsel pertama.

Martin Cooper Lahir 26 Desember 1928 di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Cooper merupakan lulusan dari Illinois Institute of Technology (IIT) di Chicago dengan gelar sarjana teknik elektro pada tahun 1950.

Setelah lulus, ia bergabung dengan Angkatan Laut AS dan bertugas selama Perang Korea. Setelah selesai, dirinya bergabung dengan Teletype Corporation, sebuah perusahaan penelitian dan pengembangan peralatan komunikasi di Amerika Serikat.

Pada tahun 1954, Cooper mulai bergabung di Motorola dan mengerjakan berbagai proyek komunikasi nirkabel seperti pembuatan lampu lalu lintas dan radio genggam polisi pertama.

Karirnya terus berkembang hingga dirinya menjabat sebagai wakil presiden dan direktur penelitian dan pengembangan untuk perusahaannya pada tahun 1978 hingga 1983.

Baca juga: Mengenal Charless Babbage, Penemu Komputer yang Otaknya Dimuseumkan

Sambil bekerja, ia juga mengambil pendidikan S2 pada tahun 1957 di Illinois Institute of Technology hingga meraih gelar magister. Dari sinilah, Cooper mulai bertanggung jawab dalam pengembangan teknologi di perusahaannya.

Bapak ponsel genggam, Martin Cooper.CBR Bapak ponsel genggam, Martin Cooper.

Penemuan ide telepon genggam

Hingga pada tahun 1970-an seorang kepala insinyur dari Motorola John F Mitchell memberi tanggung jawab kepadanya untuk berada di divisi telepon mobil (Carphone). Perkembangan pun berlanjut, Mitchell dan Cooper mulai membayangkan sebuah produk komunikasi yang kecil dan ringan untuk menjadi alat komunikasi portabel.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.