Kompas.com - 13/12/2021, 08:07 WIB

KOMPAS.com - Platform perdagangan mata uang kripto Binance Holding Ltd dikabarkan bakal mendirikan bursa saham mata uang kripto (cryptocurrency) di Indonesia.

Rumor yang beredar menyebut bahwa perusahaan bursa saham terbesar di dunia itu tengah berdiskusi dengan dua perusahaan besar di Indonesia, yakni Bank Central Asia (BCA) dan PT Telkom.

Dengan menggandeng PT Telkom dan BCA, Binance nampaknya berencana untuk memperluas adopsi mata uang kripto di Indonesia.

Sebab, sebagai negara yang memiliki populasi terpadat keempat di dunia, Indonesia dinilai mempunyai potensi besar terhadap perkembangan mata uang kripto.

Baca juga: Kripto Halal sebagai Aset, Haram Jika Dipakai untuk Alat Pembayaran

Hal ini nampaknya tercermin dari minimnya akses ke pinjaman bank dan bentuk keuangan resmi lainnya yang saat ini dapat dijangkau oleh warga Tanah Air.

Dari segi bisnis, bentuk kerja sama ini diklaim mampu membuka jalan bagi Binance terhadap perekonomian yang sedang berkembang pesat, sekaligus memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan keterlibatan dari segi mata uang digital.

Berdasarkan rumor yang beredar, BCA berpotensi dapat menjalin kemitraan dengan Binance melalui entitas terkait lainnya.

Saat ini, diskusi antara pihak Binance, BCA, dan PT Telkom masih berlangsung, sehingga belum ada kepastian terkait ketentuan kesepakatan yang akan dilakukan oleh ketiganya.

Ketika dimintai keterangan lebih lanjut, juru bicara Binance tidak membenarkan atau membantah terkait rumor ini.

"Kami mendukung pertumbuhan berkelanjutan dari industri blockchain secara global dan kami terus mencari peluang bisnis di setiap negara," ungkapnya dihimpun KompasTekno dari Bloomberg, Senin (13/12/2021).

Baca juga: 10 Negara yang Melarang dan Membatasi Mata Uang Kripto

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.