Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/12/2021, 10:03 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dua tim e-sports asal Indonesia, yakni Onic Esports dan RRQ Hoshi ikut serta dalam kompetisi Mobile Legends kelas dunia, M3 World Championship.

Onic Esports mendapatkan tiket tersebut setelah menjadi jawara MPL Indonesia Season 8, sementara RRQ Hoshi menjadi runner-up kompetisi nasional tersebut.

Onic Esports terpaksa harus memulai babak penyisihan (playoff) M3 World Championship di tangga turnamen terbawah alias lower bracket. Di tangga turnamen ini, tim yang kalah akan langsung tereliminasi.

Sementara itu, RRQ Hoshi memiliki keuntungan lantaran memulai babak playoff dengan berada di tangga turnamen teratas (upper bracket), di mana tim yang kalah akan turun ke lower bracket dan memiliki kesempatan tambahan untuk berjuang.

Baca juga: RRQ Lemon Ungkap Gaji Atlet E-Sports Mobile Legends, Bisa Dapat Miliaran Rupiah dari Turnamen

Onic Esport sendiri memulai babak playoff dengan cukup baik lantaran sukses memulangkan tim asal Malaysia yang juga merupakan juara pertama ajang MPL Malaysia Season 8, Team SMG dengan skor 2-0.

Perolehan skor pertandingan antara Team SMG dengan Onic Esports di babak playoff hari ketiga turnamen M3 World Championship.Instagram/realmobilelegendsid Perolehan skor pertandingan antara Team SMG dengan Onic Esports di babak playoff hari ketiga turnamen M3 World Championship.
Namun, perjuangan tim yang beranggotakan "Butsss", "Drian", "CW", "Sanz", dan "Kiboy" di turnamen e-sports bergengsi ini terhenti di ronde kedua babak playoff lower bracket.

Pasalnya, tim yang biasa dijuluki sebagai "Landak E-sports" itu ditaklukkan oleh tim asal Filipina yang merupakan juara MPL Filipina Season 8, Blacklist International dengan skor 2-1.

Kesempatan terakhir RRQ Hoshi

Di sisi lain, RRQ Hoshi memulai babak playoff dengan permainan konsisten dan berhasil mengalahkan tim asal Malaysia lainnya, Todak dengan skor 3-1.

Meski demikian, dominasi tim yang biasa dijuliki "Sang Raja" itu terhenti. Sebab, pada ronde kedua di babak playoff upper bracket, mereka dikalahkan oleh tim asal Filipina, Onic PH dengan skor telak 3-0.

Walhasil, tim yang digawangi oleh "Vynnn", "Clayyy", "Alberttt", "Xinnn", dan "R7" itu terpaksa harus turun ke lower bracket.

Baca juga: PBESI Ingin E-sports Jadi Mata Pelajaran Ekstra di Sekolah

Ilustrasi RRQ Hoshi yang dikalahkan tim Onic PH dengan skor 3-0.Instagram.com/realmobilelegendsid Ilustrasi RRQ Hoshi yang dikalahkan tim Onic PH dengan skor 3-0.
Pada tangga turnamen tersebut, mereka akan langsung dipertemukan dengan tim yang mengalahkan Onic Esports tadi, Blacklist International.

Artinya, RRQ Hoshi memiliki kesempatan untuk membalas kekalahan perwakilan Indonesia lainnya, Onic Esports, yang ditumbangkan tim asal Filipina itu.

RRQ Hoshi dan Blacklist International sendiri akan dipertemukan dalam pertandingan di ronde keempat babak playoff lower bracket dengan mekanisme lima game terbaik (Best of 5/BO5) pada hari ini, Jumat (17/12/2021) pukul 13.00 WIB.

Pertandingan ini juga merupakan kesempatan terakhir bagi RRQ Hoshi sebagai perwakilan Indonesia satu-satunya yang masih berjuang di M3 World Championship.

Baca juga: Daftar Game Baru yang Rilis Desember 2021, Ada Halo Infinite

Agar bisa membawa pulang piala M3 World Championship dan mendapatkan porsi terbesar dari total hadiah (prize pool) sebesar 800.000 dolar AS (sekitar Rp 11 miliar), maka RRQ Hoshi tidak boleh kalah dalam pertandingan-pertandingan selanjutnya.

Nah, berikut ini adalah jadwal pertandingan RRQ Hoshi melawan Blacklist International:

  • Jumat, 17 Desember 2021 mulai pukul 13.00 WIB.

Pertandingan tersebut bisa disaksikan melalui link tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com