Cara Daftar Akun DANA dan "Upgrade" ke Premium

Kompas.com - 30/12/2021, 16:06 WIB

KOMPAS.com -DANA merupakan salah satu aplikasi layanan keuangan digital yang cukup populer di Indonesia. Sebagaimana layanan dompet digital lain, DANA bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran secara cashless atau non-tunai.

Tidak hanya pembayaran di gerai, DANA juga bisa digunakan untuk pembayaran online, seperti pembelian produk melalui e-commerce, transfer uang ke rekening bank, dan sebagainya.

Dengan fitur yang disediakan DANA, pengguna tidak perlu repot membawa uang tunai untuk bertransaksi. DANA juga dapat digunakan untuk transaksi di berbagai merchant lain, seperti Alfamart, TIX ID, transfer saldo ke rekening BCA, membayar iuran BPJS, dan beberapa fitur lainnya.

Baca juga: Pengguna Dana Mengeluh Ada Gangguan, Tidak Bisa Transaksi dan Transfer

Cara daftar akun DANA

Apabila Anda ingin menikmati layanan-layanan tersebut, Anda harus memiliki akun DANA terlebih dahulu. Cara daftar akun DANA cukup mudah, simak penjelasan berikut ini:

  1. Jika Anda belum memiliki aplikasi DANA di ponsel, Anda dapat mengunduh aplikasi DANA melalui Google Play Store (Android) atau App Store (iOS) lalu menginstalnya.
  2. Setelah itu, buka aplikasi DANA dan masukkan nomor ponsel Anda yang aktif. Nomor ponsel itu akan menjadi ID DANA Anda nantinya.
  3. Setelah memasukkan nomor ponsel, DANA akan mengirimkan kode (OTP) via SMS. Kemudian, masukkan kode (OTP) itu ke aplikasi.
  4. Lalu, masukkan nama lengkap sesuai KTP
  5. Berikutnya, buat PIN DANA dengan kombinasi 6 digit angka dan ulangi untuk mengkonfirmasinya.
  6. Terakhir, ikuti instruksi selanjutnya dan selesai, kini Anda telah memiliki akun DANA.
  7. Akun DANA Anda kini dapat digunakan untuk bertransaksi di berbagai merchant tersebut. Namun, akun DANA tersebut belum bisa digunakan untuk fitur kirim DANA atau transfer saldo DANA ke rekening bank.

Baca juga: Pengguna Dana Mengeluh Tidak Bisa Transfer dan Tarik Saldo

Cara upgrade akun DANA Premium

Anda dapat menggunakan fitur kirim DANA apabila akun DANA anda sudah di-upgrade ke premium atau biasa disebut sebagai akun DANA Premium.

Untuk upgrade ke akun DANA Premium, persiapakan KTP terlebih dahulu. Apabila Anda ingin upgrade jadi akun DANA Premium, ikuti cara berikut ini:

  1. Buka aplikasi DANA di HP Anda
  2. Klik opsi "Saya" yang berada di bagian bawah halaman utama aplikasi
  3. Setelah itu, akan muncul informasi akun DANA Anda, lalu klik opsi "VERIFIKASI AKUN ANDA"
  4. Kemudian, Anda akan diminta untuk mengambil foto KTP Anda yang sudah dipersiapkan tadi
  5. Setelah itu, Anda diminta melakukan proses pemindaian untuk verifikasi wajah. Pastikan Anda berada di ruang dengan pencahayaan yang baik agar wajah mudah dipindai.
  6. Masukkan, nama lengkap dan nomor identitas di KTP
  7. Setelah lengkap semua, klik "Kirim" dan tunggu beberapa saat hingga proses verifikasi selesai.

Baca juga: Ovo dan Dana Disebut Sepakat Merger Demi Lawan GoPay

Ilustrasi cara upgrade akun DANA PremiumDANA Ilustrasi cara upgrade akun DANA Premium

Verifikasi ini tidak membutuhkan waktu lama. Apabila verifikasi berhasil, bakal muncul pemberitahuan di aplikasi. Setelah berhasil, Anda dapat langsung menikmati fitur kirim DANA.

Selain fitur tersebut, keuntungan lain dari akun DANA Premium adalah Anda akan memperoleh limit saldo hingga 10 juta rupiah. Demikian cara daftar dan upgrade akun DANA Premium, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.