Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/12/2021, 14:05 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Situs web yang kerap mencatat statistik turnamen e-sports global, Escharts, merilis daftar 10 kompetisi e-sports terpopuler di dunia sepanjang tahun 2021. 

Escharts membagi daftar tersebut dalam dua kategori, yaitu berdasarkan jumlah jam yang ditonton (hours watched) dan puncak jumlah penonton terbanyak (peak viewers).

Dalam kategori hours watched, dua kompetisi e-sports yang digelar secara lokal di Indonesia, yaitu MPL ID Season 8 dan MPL ID Season 7 masuk dalam daftar turnamen terpopuler di dunia 2021 versi Escharts.

Secara berurutan, kedua turnamen e-sports tersebut masing-masing ditonton sebanyak 76,94 juta jam dan 54,29 juta jam.

Baca juga: Mobile Legends: Bang Bang Game Terbaik DGA 2021

Kedua kompetisi Mobile Legends itu sendiri dikalahkan oleh dua turnamen kelas internasional, yaitu League of Legends World Championship 2021 dan Dota 2 The International 10.

Durasi tontonan kedua turnamen ini mencapai 174,82 juta jam dan 107,23 juta jam.

Daftar turnamen e-sports terpopuler 2021 berdasarkan hours watched.Escharts.com Daftar turnamen e-sports terpopuler 2021 berdasarkan hours watched.
Sementara itu di kategori peak viewers, untuk turnamen yang digelar di Indonesia, hanya MPL ID Season 8 saja yang berhasil masuk ke dalam daftar 10 besar, dengan puncak jumlah penonton sebanyak 2,39 juta.

Angka peak viewers tersebut dicapai pada saat babak Playoffs, tepatnya pada laga Final Lower Bracket yang mempertandingkan Onic Esports vs Evos Legends.

Pertandingan tersebut dimenangkan oleh Onic Esports dengan skor tipis 3-2 dan membuat tim tersebut melaju ke Grand Final MPL ID Season 8 melawan RRQ Hoshi.

Pada kategori peak viewers sendiri, kompetisi e-sports yang sukses menggaet penonton paling banyak adalah ajang Free Fire World Series Singapore.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber Escharts
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.