Eks Bos Bukalapak Rachmat Kaimuddin Jadi Anak Buah Luhut, Ini Jabatannya

Kompas.com - 03/01/2022, 14:59 WIB

KOMPAS.com - Mantan Direktur Utama PT Bukalapak.com Tbk, Rachmat Kaimuddin resmi bergabung dalam Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).

Pengangkatan Rachmat diumumkan langsung oleh Menteri Marves, Luhut Binsar Pandjaitan secara virtual di kanal YouTube Kemenko Marves, Senin (3/1/2022).

"Memang betul, saudara Rachmat bergabung dengan keluarga besar Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sebagai Technology Sustainability Development Special Advisor yang akan memberikan laporan kepada saya pribadi sebagai Menkomarves," kata Luhut.

Baca juga: Bos Bukalapak Rachmat Kaimuddin Mengundurkan Diri

Luhut mengaku sudah cukup lama mengenal alumni SMA Taruna Nusantara periode 1994-1997 itu.

Ia juga mengaku sudah membicarakan rencana masuknya Rachmat ke sektor pemerintah beberapa bulan lalu. Menurut Luhut, Rachmat memiliki segudang pengalaman dan prestasi di bidang tersebut.

"Pengalaman yang dimiliki Rachmat sebagai pemimpin dengan berbagai pengalaman di bidang industri dan sektor, termasuk di bidang teknologi dan sustainable development, merupakan poin penting sehingga beliau pantas mengemban jabatan baru ini," imbuh Luhut.

Ia menambahkan, bergabungnya Rachmat merupakan angin segar, lantaran banyak pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan pemikiran dan kepiawaian Rachmat di bidang yang diembannya.

Baca juga: Bukalapak, Startup Unicorn Indonesia Pertama yang Gelar IPO

Kehadiran Rachmat, menurut Luhut, juga menjadi komitmen pemerintah dalam mendorong transformasi besar, terutama di bidang pembangunan teknologi di Indonesia.

"Program Kalimantan Utara yang nilai investasinya 132 miliar dollar AS dan banyak lagi program lain yang kita perlu mendapatkan pikiran-pikiran tajam, cerdas, cermat dan berorientasi jauh pada market," terang Luhut.

Adapun proyek yang dimaksud adalah pengembangan Kawasan Industri Hijau yang baru diresmikan proyeknya oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada 21 Desember 2021 lalu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.