Mengenal "Wordle", Game Tebak Kata yang Ramai di Twitter

Kompas.com - 13/01/2022, 16:16 WIB
Ilustrasi bermain Wordle KOMPAS.com/ZulfikarIlustrasi bermain Wordle

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan di linimasa Twitter, game berjudul Wordle tengah ramai diperbincangkan. Wordle merupakan permainan tebak kata bahasa Inggris yang sangat sederhana berbasis situs web.

Game Wordle bisa diakses melalui situs ini, www.powerlanguage.co.uk/wordle, secara gratis. Tampilan dari situs tersebut sangat sederhana, tidak banyak animasi yang ditampilkan.

Situs dengan latar warna hitam dan putih tersebut, hanya berisi kotak berderet lima yang berjumlah 6 kolom dan papan ketik virtual untuk memasukkan huruf menjadi kata.

Wordle merupakan game sederhana tapi bisa membuat orang menjadi ketagihan. Jumlah pemainnya pun meningkat sejak Wordle diluncurkan pada sekitar Oktober 2021.

Baca juga: Pemilik Game GTA Siap Akuisisi Pembuat Farmville Senilai Rp 181 Triliun

Pada November 2021, pemain aktif Wordle mencapai 300.000. Angka itu meningkat pada Januari ini hingga total menjadi dua juta pemain, sebagaimana dikutip KompasTekno dari The Guardian, Rabu (12/01/2022).

Game yang awalnya diciptakan untuk sang kekasih

Wordle sendiri dikembangkan oleh Josh Wardle, ia adalah seorang mantan pegawai di Reddit.

Awal mula pengembangan Wordle didasari karena Wardle dan kekasihnya sangat menggemari permainan teka-teki silang yang terbit di harian New York Times. Berawal dari kegemarannya dengan sang kekasih itu, ia mengembangkan permainannya sendiri.

Di sisi lain, meski Wordle tengah viral, ternyata tidak membuat si pengembang merasa senang sepenuhnya. Wardle justru merasa seperti mempunyai beban yang lebih ke pengguna untuk selalu memastikan Wordle berjalan lancar dan tidak ada gangguan.

Selain itu, Wardle ternyata juga tidak memperoleh keuntungan dari viralnya game Wordle, mengingat awalnya game ini hanya untuk bersenang-senang belaka bersama sang kekasih.

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari portal media asal Selandia Baru, NZME, Kamis (13/01/2022), Wardle mengatakan bahwa ia tidak menarik keutungan sepeser pun pada pemain Wordle. Wardle hanya ingin membagikan kesenangannya ke pengguna secara cuma-cuma.

Baca juga: Google Maps Bisa untuk Main Game Snake, Begini Caranya

Wardle memang sengaja merancang Wordle bukan sebagai lahan mencari uang. Ia juga tidak menyediakan iklan dalam Wordle. Selain itu, pengguna juga tidak perlu daftar akun untuk memainkan Wordle.

Wardle ingin membuat game online yang santai tanpa harus memaksa penggunanya bermain. Wordle tidak akan memunculkan notifikasi di ponsel yang meminta untuk terus bermain. Wordle juga bisa diakses dengan mudah melalui browser di laptop dan ponsel.

Cara main Wordle yang sederhana namun rumit

Dalam wawancar bersama NZME, Wardle mengungkap bahwa game Wordle dikembangkan terinspirasi dari permainan tebak kata serupa yang telah lama ada, yakni Hangman dan Mastermind.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.