Evolusi Fitur Portrait di Kamera Oppo Reno4 hingga Reno6

Kompas.com - 23/01/2022, 16:03 WIB

KOMPAS.com-Fitur portrait atau fitur yang memberkan efek blur maupun bokeh sudah banyak diadopsi oleh berbagai vendor ponsel. Oppo juga mengadopsi fitur ini pada sejumlah ponselnya, utamanya pada seri Reno.

PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto menjelaskan bahwa fitur portrait di ponsel Oppo tidak semata melekat pada perangkat begitu saja.

Melainkan dihasilkan oleh sejumlah proses yang melibatkan prosesor pengolah grafis (Neural Processing Unit/NPU), sensor kamera, serta sistem pengolah gambar yang didukung kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

"Proses itu menjadi proses yang panjang untuk menghasilkan sebuah foto portrait. Tidak hanya foto portrait tiba-tiba datang dan hasilnya begini, tapi kita punya beberapa tahapan. Kemudian ini menjadi evolusi portrait pada perangkat Reno series," kata Aryo dalam Oppo Reno Portrait Workshop di Jakarta, Kamis (20/1/2022).

Fitur portrait telah melengkapi jajaran ponsel Reno series, mulai dari Reno4 higga Reno6. Fitur serupa juga akan dihadirkan Oppo pada ponsel baru perusahaan di Indonesia.

Untuk mengetahui bagaimana perkembangan fitur portrait di perangkat Oppo, berikut evolusi fitur Portrait di Oppo Reno Series.

Baca juga: Oppo Akan Bawa Ponsel dengan Sensor Sony IMX709 ke Indonesia, Reno7 Series?

Reno4 Series

Di Reno4 series, Oppo menyematkan fitur AI Color Portrait. Alih-alih bokeh yang ditingkatkan, fitur ini justru memungkinkan pengguna mendapatkan perspektif baru untuk foto mobile.

Fitur ini akan menghasilkan foto dimana warna objek utama menjadi lebih kontras dan dominan dibanding objek di latar belakang gambar yang dibuat monokrom.

Pada seri ini pula, Oppo menyematkan fitur Night Flare Portrait. Fitur ini akan menghasilkan efek bokeh yang menawan ketika malam hari, dimana biasanya berbagai cahaya malam menjadi artistik.

Reno5 Series

Fitur Portrait pada Oppo Reno5 series ditingkatkan dalam mode video dan disebut AI Highlight Video. Di ponsel ini, Oppo menggunakan algoritma AI untuk mendeteksi kondisi cahaya dan secara otomatis menerapkan perhitungan yang diperlukan berdasarkan skenario yang berbeda.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.