Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Evolusi Fitur Portrait di Kamera Oppo Reno4 hingga Reno6

Kompas.com - 23/01/2022, 16:03 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com-Fitur portrait atau fitur yang memberkan efek blur maupun bokeh sudah banyak diadopsi oleh berbagai vendor ponsel. Oppo juga mengadopsi fitur ini pada sejumlah ponselnya, utamanya pada seri Reno.

PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto menjelaskan bahwa fitur portrait di ponsel Oppo tidak semata melekat pada perangkat begitu saja.

Melainkan dihasilkan oleh sejumlah proses yang melibatkan prosesor pengolah grafis (Neural Processing Unit/NPU), sensor kamera, serta sistem pengolah gambar yang didukung kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

"Proses itu menjadi proses yang panjang untuk menghasilkan sebuah foto portrait. Tidak hanya foto portrait tiba-tiba datang dan hasilnya begini, tapi kita punya beberapa tahapan. Kemudian ini menjadi evolusi portrait pada perangkat Reno series," kata Aryo dalam Oppo Reno Portrait Workshop di Jakarta, Kamis (20/1/2022).

Fitur portrait telah melengkapi jajaran ponsel Reno series, mulai dari Reno4 higga Reno6. Fitur serupa juga akan dihadirkan Oppo pada ponsel baru perusahaan di Indonesia.

Untuk mengetahui bagaimana perkembangan fitur portrait di perangkat Oppo, berikut evolusi fitur Portrait di Oppo Reno Series.

Baca juga: Oppo Akan Bawa Ponsel dengan Sensor Sony IMX709 ke Indonesia, Reno7 Series?

Reno4 Series

Di Reno4 series, Oppo menyematkan fitur AI Color Portrait. Alih-alih bokeh yang ditingkatkan, fitur ini justru memungkinkan pengguna mendapatkan perspektif baru untuk foto mobile.

Fitur ini akan menghasilkan foto dimana warna objek utama menjadi lebih kontras dan dominan dibanding objek di latar belakang gambar yang dibuat monokrom.

Pada seri ini pula, Oppo menyematkan fitur Night Flare Portrait. Fitur ini akan menghasilkan efek bokeh yang menawan ketika malam hari, dimana biasanya berbagai cahaya malam menjadi artistik.

Reno5 Series

Fitur Portrait pada Oppo Reno5 series ditingkatkan dalam mode video dan disebut AI Highlight Video. Di ponsel ini, Oppo menggunakan algoritma AI untuk mendeteksi kondisi cahaya dan secara otomatis menerapkan perhitungan yang diperlukan berdasarkan skenario yang berbeda.

Saat cahaya redup ketika pengambilan video, kamera akan mengaktifkan algoritma Ultra Night Video guna mengoptimalkan kualitas video malam hari agar terlihat cerah, tajam, namun tetap alami.

Sementara saat cahaya latar belakang kuat, HDR Live pada ponsel ini akan otomatis bekerja menghasilkan subjek dan latar belakang yang dapat terlihat sama jelasnya, dengan melakukan optimalisasi khusus untuk potret saat mendeteksi subjek manusia.

Reno5 juga memiliki fitur AI Mixed Portrait yang dapat menggabungkan video portrait dengan video latar belakang AI Mixed Portrait sehingga menghadirkan efek video dengan eksposur
ganda pada smartphone.

Dengan kata lain, pengguna dapat menggabungkan dua video menjadi satu, sehingga menghasilkan video yang berbeda dari video pada umumnya.

Baca juga: Ini Keunggulan Fitur Portrait di Kamera Oppo

Reno6 Series

Sementara itu pada Reno6 series, Oppo membawa fitur Bokeh Flare Portrait Video. Fitur ini menggunakan AI Oppo untuk menunjukkan dengan tepat sumber cahaya asli pada latar belakang dan menciptakan titik cahaya dengan efek bokeh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com