Ini Keunggulan Fitur Portrait di Kamera Oppo

Kompas.com - 20/01/2022, 15:31 WIB

KOMPAS.com - Oppo A95 menjadi salah satu ponsel Oppo yang kameranya dibekali fitur Portrait.

Dengan fitur Portrait, pengguna bisa menghasilkan sebuah foto wajah atau objek lainnya dengan kondisi latar belakang yang diburamkan, alias efek bokeh.

Fitur portrait di ponsel berbanderol Rp 4 juta ini bisa diakses dengan membuka aplikasi kamera dan memilih menu "Portrait" di deretan menu bagian bawah pada tampilan utama kamera.

Untuk kameranya sendiri, Oppo A95 mengandalkan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 48 MP (f/1.7), kamera makro 2 MP (f/2.4), dan kamera depth sensor 2 MP (f/2.4).

Baca juga: Peminat Oppo Find N Diklaim Lebih dari 1 Juta Orang, Oppo Kewalahan

Cara kerja fitur Portrait Oppo

Fitur Portrait juga hadir di seri-seri ponsel Oppo lain seperti Reno Series. Fitur ini bisa dibilang menjadi ciri khas dari ColorOS, antarmuka buatan Oppo sendiri untuk ponsel-ponselnya.

Dikutip KompasTekno dari situs resmi Oppo, fitur Portrait bekerja dengan mengandalkan beberapa teknologi, seperti Portrait Perception Engine dan Scene Design Manager.

Cara kerjanya, Scene Design Manager akan menganalisa scene di layar yang dibidik, kemudian memberikan input kepada Portrait Perception Engine.

Foto portrait dengan pencahayaan alami (kiri) dan pencahayaan menggunakan lampu (kanan).KOMPAS.com/Bill Clinten Foto portrait dengan pencahayaan alami (kiri) dan pencahayaan menggunakan lampu (kanan).
Dari situ, model AI di database Oppo dan deep neural network bekerja untuk mengenali subyek portrait dalam gambar, dan memisahkannya dari background.

Untuk meningkatkan akurasi dan kecepatan kerja AI model, Oppo menggunakan jutaan data hasil foto portrait di database-nya, melatih AI bekerja secara maksimal, dan menentukan pemrosesan berikutnya.

"Dengan semua optimasi ini, keseluruhan proses pengenalan portrait ini bisa dilakukan dalam wakti sepermilidetik," demikian klaim Oppo.

Baca juga: Daftar Ponsel Oppo yang Kebagian ColorOS 12 di Awal Tahun 2022

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.