Kompas.com - 08/02/2022, 19:09 WIB
|

KOMPAS.com - Pada pertengahan 2021 lalu Twitter mulai menguji coba tombol "downvote" untuk segelintir pengguna. Kini, Twitter memperluas wilayah uji coba tersebut ke semua negara.

Hal ini diumumkan Twitter melalui akun resminya. Menurut Twitter, pengujian ini membantu memahami bagaimana perilaku pengguna dalam menggunakan fitur "downvote" tersebut.

"Orang yang telah menguji fitur downvoting setuju bahwa ini meningkatkan kualitas percakapan di Twitter. Kami tertarik untuk mengetahui anggapan orang lain tentang fitur ini saat tersedia lebih banyak," tulis Twitter.

Tombol "downvote" ini sejatinya berfungsi seperti tombol "dislike" di YouTube. Tombol ini diwakili oleh ikon berbentuk panah ke bawah.

Baca juga: Sejumlah Pengguna Twitter Indonesia Keluhkan Munculnya Notifikasi Konten Vulgar

Pantauan KompasTekno, pengguna Twitter di Indonesia juga sudah ada yang kebagian tombol ini.

Salah satunya pengguna Twitter dengan handle @dadimdum. Ia mendapati tombol tersebut sudah muncul di akunnya.

Kemudian ada pula akun dengan handle @winseulbear. Ia mengatakan tombol "downvote" ini mirip dengan tombol "dislike".

Akun dengan handle @dailysseo juga mengatakan sudah mendapatkan tombol tersebut. Ia menuliskan kicauan sambil menyertakan bukti tangkapan layar (screenshot) tombol tersebut di akun miliknya.

Pada 2021 lalu, Twitter mengatakan bahwa uji coba fitur ini bertujuan untuk memahami tipe balasan mana yang lebih relevan untuk pengguna.

Baca juga: Twitter Uji Coba Tweet yang Hanya Bisa Dilihat 150 Orang

"Sehingga kami bisa mencari cara untuk menampilkan lebih banyak balasan," tulis Twitter dalam akun resmi mereka.

Twitter mengatakan bahwa, uji coba fitur ini hanya untuk keperluan penelitian untuk sementara waktu. Belum diketahui apakah fitur ini bakal hadir secara permanen untuk ke depannya atau tidak.

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (8/2/2022), meski diperluas ke semua negara, tidak semua pengguna kebagian mencoba fitur ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.