Kompas.com - 17/02/2022, 10:02 WIB

KOMPAS.com - Advanced Micro Devices (AMD) dan Intel adalah dua nama produsen chip asal Amerika Serikat yang sudah sejak lama menjadi rival di pasar prosesor (CPU) dunia.

Intel selama bertahun-tahun mendominasi pasar CPU dunia sehingga tampil menjadi perusahaan yang lebih besar dari AMD, termasuk dalam aspek kapitalisasi pasar (market cap).

Namun, hal tersebut berubah pada Februari 2022 ini. Pasalnya, untuk pertama kalinya dalam sejarah, AMD berhasil melampaui kapitalisasi pasar Intel. Hal ini didongkrak oleh aksi AMD dalam mengakuisisi perusahaan chip Xilinx belum lama ini.

Baca juga: Setelah 14 Tahun, AMD Akhirnya Ungguli Intel

Menurut laporan outlet media TomsHardware, pada sesi akhir perdagangan saham di bursa Nasdaq pada Selasa (15/2/2022), AMD memiliki kapitalisasi pasar mencapai 197,75 miliar dollar AS (sekitar Rp 2.820,2 triliun).

Sementara Intel dalam laporan yang sama disebut memiliki kapitalisasi pasar sebesar 197,24 miliar dollar AS (sekitar Rp 2.812,9 triliun).

Meski selisihnya sedikit, AMD tetap memiliki market cap lebih besar ketimbang Intel. Prestasi mengungguli Intel ini pertama kalinya dalam aspek market cap berhasil dicapai AMD setelah 52 tahun kehadirannya di pasar CPU dunia.

Namun, menurut pantauan KompasTekno di situs Google Finance, Kamis (17/2/2022) pagi, kapitalisasi pasar AMD semakin menanjak, membuat selisih kapitalisasi pasar dengan Intel semakin lebar.

Pada penutupan sesi perdagangan Rabu(16/2/2022), pembuat prosesor seri Ryzen ini memiliki market cap sebesar 197,68 miliar dollar AS atau setara 2.819,2 triliun.

Sementara pesaingnya, Intel memiliki kapitalisasi pasar lebih rendah, yaitu sebesar 196,34 miliar dollar AS atau kira-kira Rp 2.800 triliun.

Tangkapan layar, AMD yang terpantau memiliki market cap 197,68 miliar dollar AS.Google Finance Tangkapan layar, AMD yang terpantau memiliki market cap 197,68 miliar dollar AS.
Berkat akuisisi Xilinx

Sebagaimana dilaporkan outlet media TomsHardware, pencapaian AMD ini merupakan respons positif dari aksi koorporasi perusahaan dalam mengakuisisi Xilinx, sebuah produsen chip FPGA (field-programmable gate array).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.