Pembajak Game Nintendo Switch Didenda Rp 208 Miliar dan Dipenjara

Kompas.com - 23/02/2022, 18:01 WIB

KOMPAS.com - Seorang warga asal Republik Dominika dituntut untuk membayar ganti rugi sebesar 14,5 juta dollar AS atau sekitar Rp 208,7 miliar oleh Nintendo.

Pasalnya, pria bernama Gary Bowser ini telah mengedarkan alat atau tools untuk membajak sistem konsol Nintendo Switch

Dengan tools tersebut pengguna dapat meng-install game bajakan di konsol Nintendo Switch. Ia juga menjadi admin website yang menyediakan game bajakan.

Atas tindakan tersebut, pria yang tergabung dalam organisasi peretas Xecutor ini dijatuhi hukuman 40 bulan penjara oleh Pengadilan Distrik AS di wilayah Distrik Barat Washington.

Baca juga: Pelopor Konsol Game Nintendo, Masayuki Uemura Meninggal Dunia

Pihak pengadilan juga mendakwa Max Louarn selaku pemimpin dari grup peretas Xecutor dan Yuanning Chen yang bertugas mengawasi manajemen perusahaan manufaktur dan distribusi bernama ChinaDistrib.

Namun, Louarn dan Chen tidak ditangkap karena menggunakan identitas palsu. Cara yang sama juga dilakukan oleh sebagian anggota Xecutor lainnya.

Kelompok ini juga diketahui meraup keuntungan puluhan juta dollar AS dari tindakan pembajakan yang mereka lakukan.

Selama tujuh tahun menjadi bagian Xecutor, Bowser diketahui telah membantu membajak game di lebih dari 79 juta perangkat konsol yang mencakup Nintendo 3DS, Nintendo Switch, dan Switch Lite.

Bowser juga menerima bayaran sebesar 1.000 dollar AS (sekitar Rp 143,9 juta) per bulan untuk memelihara situs Xecutor.

Baca juga: Konsol Nintendo Switch Bakal Jadi Barang Langka

Xecutor merupakan salah satu dari sekian banyak organisasi peretas yang mengedarkan tools ilegal untuk membajak sistem Nintendo Switch.

Melihat kasus yang semakin merebak, Nintendo tidak tinggal diam. Raksasa teknologi asal Jepang ini telah melakukan upaya pemberantasan kelompok hacker sejak 2020 lalu.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Rabu (23/2/2022), Nintendo secara aktif memblokir situs-situs ROM ilegal yang menyediakan konten untuk men-download game bajakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Gizmochina


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.