Cara Membuat Teks Terbalik di WhatsApp, Tanpa Aplikasi Tambahan

Kompas.com - Diperbarui 29/06/2022, 08:50 WIB

KOMPAS.com - WhatsApp sebagai platform pesan instan terpopuler saat ini punya cukup banyak fitur menarik yang membuat pengguna betah memakainya, salah satunya yaitu mengubah format tulisan atau teks.

Tulisan WhatsApp kini bisa diubah pengguna secara langsung di aplikasi, sehingga dapat memiliki format yang lebih tebal (Bold), miring (Italic), atau tercoret (strikethrough). Kendati demikian, format tulisan WhatsApp masih terbatas.

Anda tidak bisa membuat format tulisan dengan model yang unik atau belum pernah dijumpai sebelumnya di fitur WhatsApp, misalnya tulisan dengan format terbalik 180 derajat.

Baca juga: WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop, Mending Pakai yang Mana?

Format teks WhatsApp terbalik secara fungsi mungkin tidak terlalu berguna karena untuk membacanya saja cukup sulit. Namun bila sekadar untuk hiburan, tulisan WhatsApp terbalik mungkin cocok untuk dicoba.

Untuk membuat teks terbalik di WhatsApp, Anda tidak perlu mengunduh dan menginstal aplikasi tambahan. Cara membuat tulisan terbalik di WhatsApp bisa dilakukan dengan memanfaatkan platform berbasis website seperti Autobild.

Perlu diketahui, Autobild merupakan website yang menyediakan layanan untuk mengubah format teks atau biasa dikenal dengan generator teks. Untuk lebih lengkapnya, berikut cara membuat tulisan terbalik di WhatsApp tanpa aplikasi tambahan:

  • Buka platform web generator teks Autobild melalui browser di ponsel atau laptop
  • Masukkan tulisan yang ingin diubah formatnya menjadi terbalik di kolom “input”
  • Kemudian, website secara otomatis bakal mengubah format tulisan tersebut
  • Lihat hasil ubahannya di kolom “output”, kemudian blok dan salin tulisan tersebut
  • Selanjutnya, buka aplikasi WhatsApp dan tempel tulisan tersebut di kolom obrolan, lalu kirim
  • Kini, Anda telah memiliki tulisan WhatsApp terbalik.

Ilustrasi cara membuat tulisan WhatsApp terbalikKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara membuat tulisan WhatsApp terbalik

Melalui platform tersebut, Anda bisa membuat format tulisan terbalik ke kiri atau terbalik ke kanan dengan klik ikon panah yang berada di bawah kolom “output”. Layanan membuat format tulisan terbalik ini bisa diakses secara gratis dan tanpa harus daftar akun.

Format tulisan terbalik yang diperoleh dari platform tersebut bisa diterapkan pada aplikasi WhatsApp di berbagai ponsel, baik iPhone maupun ponsel Android. Selain itu, juga bisa dipakai pada WhatsApp versi Web dan WhatsApp versi Dekstop di komputer.

Cara di atas sendiri dijajal menggunakan browser Safari dan aplikasi WhatsApp di ponsel iPhone dengan versi sistem operasi iOS 15.3.1. Beda wadah untuk mengakses, mungkin respon untuk mengubah format teks jadi terbalik bakal berbeda juga.

Sementara itu, sebenarnya terdapat cukup banyak platform website generator teks di internet selain Autobild, yang dikembangkan oleh pihak ketiga di luar WhatsApp. Anda bisa memanfaatkan platform tersebut untuk membuat format tulisan jadi lebih menarik.

Baca juga: 6 Fitur Tersembunyi WhatsApp Web yang Jarang Diketahui, Sudah Coba?

Namun perlu diketahui, karena platform tersebut bukanlah resmi milik WhatsApp, maka keamanannya tidak bisa terjamin. Bila menemukan website generator teks yang meminta data pribadi atau data terkait akun WhatsApp Anda, segera tinggalkan saja.

Bisa jadi website tersebut justru mengandung aktivitas phishing yang mungkin dapat mencuri data pribadi Anda. Itulah cara membuat teks terbalik di WhatsApp tanpa aplikasi tambahan, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.