Kompas.com - 07/04/2022, 10:01 WIB

KOMPAS.com - Baru-baru ini, pendapatan influencer di Amerika Serikat dari konten Instagram Reels dikeluhkan turun drastis. Penurunannya bahkan disebutkan hingga 70 persen.

Pendapatan dari Reels yang dikeluhkan turun ini sedianya berasal dari bonus yang diberikan oleh Instagram kepada influencer terpilih yang ikut serta dalam program bernama Reels Play.

Program Reels Play yang diluncurkan pada November 2021 ini memungkinkan influencer Reels terpilih asal Amerika Serikat, menerima bonus hingga paling tinggi 35.000 dollar AS atau sekitar Rp 502,6 juta dalam satu bulan.

Bonus yang ditawarkan Instagram ini tak lain bertujuan untuk menggaet lebih banyak kreator untuk membuat konten di Reels.

Baca juga: Instagram Reels Punya Fitur Balas Komentar seperti TikTok

Untuk mendapatkan bonus tersebut, influencer harus mencapai target penayangan (view) Reels tertentu.

Turun karena sudah kebijakan dari awal?

Selama beberapa minggu terakhir, sejumlah influencer mengeluhkan bonus yang didapatkannya dari Reels turun drastis, hingga 70 persen.

Sayangnya, konten kreator tersebut tidak mengungkapkan berapa jumlah bonus yang biasa didapatkannya per penayangan, sebelum bayarannya dipangkas oleh Instagram.

Dalam laman Help Instagram, jejaring sosial di bahwa naugan Meta Platforms Inc. ini juga tak mengungkap secara gamblang berapa bayaran yang diberikan untuk setiap penayangan Reels kepada influencer.

Namun, Instagram memang menyatakan bahwa bonus yang didapatkan influencer bisa semakin menurun, seiring dengan lamanya mengikuti program Reels Play.

"Anda akan mendapatkan uang berdasarkan performa Reels Anda. Besaran uang yang Anda peroleh per Play mungkin tidak selalu konstan. Misalnya, Anda dapat memperoleh lebih banyak per Play saat Anda baru memulai program, dan lebih sedikit dari waktu ke waktu," tulis Instagram.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.