Kompas.com - 22/04/2022, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Masyarakat yang tinggal di sejumlah wilayah Jawa Barat (Jabar) dan Banten akan kehilangan sinyal TV analog mulai 30 April. Pasalnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan mengalihkannya ke siaran TV digital.

Siaran TV digital sendiri menjanjikan gambar yang lebih mulus, audio yang jernih, dan lebih canggih ketimbang siaran TV analog.

Program migrasi siaran TV analog ke digital (analog switch off/ASO) sendiri tidak akan berlangsung secara serentak, melainkan bertahap dan dibagi dalam tiga tahap. Tahap pertama akan dimatikan paling lambat 30 April 2022, sedangkan tahap akhir akan dilakukan selambat-lambatnya pada 2 November 2022.

Sejumlah wilayah yang masuk dalam tahap pertama migrasi TV digital mencakup sebagian wilayah Aceh, Jawa Timur, hingga Kalimantan Barat. Selain itu, Jawa Barat dan Banten juga kebagian tahap pertama yang siaran TV analognya dimatikan, yaitu pada 30 April mendatang.

Namun demikian, tidak semua wilayah di Jawa Barat dan Banten akan mendapati siaran TV analog mati per tanggal tersebut. Sebab, tahap pertama migrasi TV digital hanya melibatkan beberapa wilayah/kabupaten.

Baca juga: Catat, Jadwal Migrasi TV Analog ke Digital Mulai April hingga November 2022

Secara umum terdapat 12 wilayah di Jawa Barat yang termasuk wilayah tahap I migrasi siaran TV digital. Adapun wilayah Banten pada tahan awal ini hanya mencakup 4 wilayah.

Dengan demikian, ke-16 wilayah ini tidak dapat lagi menonton siaran TV analog, melainkan harus beralih ke siaran TV digital.

Berikut rincian wilayahnya sebagaimana dirangkum KompasTekno dari situs resmi Kominfo untuk migrasi TV digital, Jumat (22/4/2022).

Migrasi siaran TV digital wilayah Jawa Barat tahap I

  1. Kabupaten Garut
  2. Kabupaten Cirebon
  3. Kabupaten Kuningan
  4. Kota Cirebon
  5. Kabupaten Ciamis
  6. Kabupaten Pangandaran
  7. Kabupaten Tasikmalaya
  8. Kota Banjar
  9. Kota Tasikmalaya
  10. Kabupaten Cianjur
  11. Kabupaten Majalengka
  12. Kabupaten Sumedang

Migrasi siaran TV digital wilayah Banten tahap I

  1. Kabupaten Serang
  2. Kota Cilegon
  3. Kota Serang
  4. Kabupaten Pandeglang

Bisa coba siaran digital dari sekarang

Meski proses migrasi ke TV digital masih berjalan, masyarakat Indonesia yang sudah memiliki TV digital atau perangkat set top box (STB) sudah bisa lebih dulu mencoba menonton siaran TV Digital sejak sekarang.

Artinya, masyarakat tak perlu menunggu ASO Tahap I, II, dan III rampung untuk bisa menikmati siaran TV Digital. Hal ini dikonfirmasi oleh Ismail selaku Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.